Gubernur Sumbar Lantik 365 Taruna SMKN 1 Koto Baru

TABLOID BIJAK (Dharmasraya) — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melantik 365 taruna angkatan pertama SMKN 1 Koto Baru, di lapangan upacara SMKN 1 Koto Baru, Sabtu, 24 November 2018.

“Kami dari Pemerintah Provinsi (Pemprov), setahu saya dari ratusan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) baru kali ini ada sekolah yang pendekatanya siswa yang disiplin Seperti taruna,” ujar Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno selaku inpektur upacara.

Menurut Irwan, target dari metode pendekatan diantaranya yang paling penting adalah kedisiplinan. Kesuksesan seseorang dimanapun dia berada disiplin kata kuncinya.

“Lihat mereka sukses di pemerintahan baik legislatif, eksekutif dan yudikatif, swasta, TNI, polri, pedagang, bahkan petani dan peternak, mereka sukses karena disiplin,” ujar Irwan prayitno.

Lanjut Irwan, Siswa yang juara berhasil kata kuncinya disiplin, sebaliknya yang malas gagal, tinggal dipilih mau sukses atau gagal.

Selain disiplin, kata Irwan, karakter juga harus terbina, beretika, menghargai serta menghormati, santun dalam berbicara, berprilaku baik dalam berkomunikasi, itu semua juga pendidikan karakter.

Irwan Prayitno berharap agar SMKN 1 Koto Baru dapat menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Sumatera Barat.

Gubernur menantang SMKN 1 Koto Baru harus memberikan bukti nyata atas pelatihan taruna yang telah diberikan.

“Kita ingin bukti, apa buktinya?, tentunya anak yang kita didik berhasil dan berprestasi. Kalau tidak ada hasilnya, maka gaya-gayaan namanya. Kita tidak butuh itu,” tegas Irwan Prayitno.

Terkait itu, agar hasil yang diharapkan dapat berjalan dengan baik, guru dan kepala sekolah terus mengawal dan mengawasi.

“Bukti yang diharapkan bisa langsung bekerja di berbagai bidang, setelah lulus,” ujar Irwan Prayinto.

Selain itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Koto Baru Taufik Hidayat mengatakan, mulai tahun ini SMKN1 Koto Baru menerapkan pendidikan karakter melalui pola ketarunaan.

Menurut Taufik ada perbedaan antara SMKN 1 KOTO Baru dengan sekolah taruna khusus yang mengutamakan fisik, kesempurnaan tubuh dan ketinggian badan.

Sedangkan, SMKN 1 Koto Baru menggunakan pola ketarunaan untuk membentuk karakter baik yang menjadi dasar untuk kesuksesan di masa depan. “Mereka dilatih kebugaran, kedisiplinan, serta keimanan dan ketakwaan,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, pelantikan siswa taruna dan taruni yang diikuti oleh siswa kelas X sebanyak 365 orang. (fardi)