Inilah Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi Dari Usia 1 – 8 Bulan

Orangtua mana sih di dunia ini yang tidak ingin memiliki momongan? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa memiliki seorang anak itu merupakan impian bagi setiap pasangan suami istri diseluruh dunia. Dengan demikian, maka tak heran jika pada saat hamil mereka akan merasakan bahagia yang tak terkira. Bahkan beberapa orang, sudah memikirkan bagaimana dia besar nanti, merencakan pertumbuhan dan perkembangan kelak, sampai memikirkan masa depan mereka.

Nampun pada kali ini, kita akan membahas mengenai seputar perkembangannya. Sebagai orangtua, Tentu saja pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan si kecil ini wajib kita ketahui, agar kita lebih paham lagi dengan apa yang dibutuhkannya. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah bunda sudah tahu tentang bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan itu terjadi? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 1 Bulan

Si kecil sudah bisa menggerakkan kepala kearah kanan dan kiri, pada saat dalam posisi tengkurap. Selain itu, ia juga sudah dapat menggenggam sesuatunya dengan kuat. Sudah dapat memperhatikan tangan dan bagian jari-jarinya, serta sudah bisa mengikuti pergerakan dengan mata.

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 2 Bulan

Si kecil mampu menahan beban kepala dan leher saat dalam keadaan terlungkup, meski hanya sebentar. Ia juga dapat membuka dan menutup jari-jari tangan, serta dapat memukul-mukul tanpa arah. Saat menginginkan sesuatu, si kecil akan mengekspresikannya dengan cara menangis. Misalkan saja ingin minta di gendong atau ingin diajak bermain. Selain itu, ia juga sudah dapat tersenyum respontif sambil memberikan kontak mata.

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 3 Bulan

Sudah dapat mengambil suatu benda dengan tangan, kepalanya sudah bisa tegak saat digendong, serta mulai merasakan beban di bagian kaki. Ia juga sudah bisa memegang benda dengan kuat, bergumam, dan menghisap ibu jari. Yang lebih menariknya lagi, ia mampu menirukan gerak-gerak setiap orang yang dilihatnya.

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 4 Bulan

Mampu mendorong badan ke atas dan tangan saat dalam posisi telungkup, serta duduk bertumpu pada lengannya. Tertawa dengan lepas, selalu mengamati apa yang dilihatnya.

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 5 Bulan

Si kecil sangat senang berguling-guling baik kearah kanan maupun kiri, serta sudah dapat memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya. Ia juga sudah bisa berbicara namun belum jelas seperti “ nanana, bababa, tatata “. Ia pasti akan menangis saat melihat orangtuanya pergi keluar rumah.

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 6 Bulan

Ia akan menggunakan tangan untuk menyentuh sesuatu yang dilihatnya, serta sudah bisa mengenali wajah orang-orang yang selalu dekat dengannya. Selain itu, ia akan mennagis saat bertemu dengan orang asing. Si kecil akan tertawa jika ada orang yang dikenalinya mengajak bermain.

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 7 Bulan

Sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan penopang, dapat bergerak bertahap sambil merangkak, sudah dapat berceloteh secara kompleks, dapat menggerakan semua jarinya secara optimal, serta dapat merespon ekspresi dan emosi dari orang lain.

  1. Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi di Usia 8 Bulan

Si kecil sangat suka pada permainan yang interaktif, merespon kata-kata yang sudah sering di dengarnya, serta akan menolehkan kepalanya saat ada orang lain yang memanggil namanya.

Itulah proses perkembangan dan pertumbuhan bayi dari usia 1 – 8 bulan yang harus bunda ketahui.