TP-PKK Sumbar Adakan Bimtek Gerakan PKK di Kota Pariaman

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Dalam meningkatkan peranan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta Kelurahan, TP PKK Provinsi Sumatera Barat, dipimpin Ketua Ny. Nevi Irwan Prayitno dan jajaran, menggelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK di Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman, Jum’at (2/11/2018).

Rombongan TP PKK Provinsi Sumatera Barat yang datang, disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, bersama para Wakil Ketua TP PKK, Ny, Indriati Mardison dan Ny. Kartini Indra Sakti, beserta para jajaran TP PKK Kota Pariaman, baik tingkat Kota, Kecamatan dan Desa serta Kelurahan.

“Pembinaan dan Bimtek ini adalah kegiatan rutin yang kita lakukan di Provinsi, yang gunanya untuk mengingatkan kembali peranan PKK di tiap daerah, ditambah saat ini, TP PKK Kota Pariaman dipimpin oleh Ketuanya yang baru hasil Pilkada serentak 2018 kemaren, sehingga diperlukan adanya kordinasi”, tutur istri orang nomor satu di Provinsi Sumatera Barat ini.

Nevi dalam sambutanya juga mengingatkan tentang peranan penting dari TP PKK yang ada di daerah dalam mensukseskan 10 program pokok PKK, yang mana apabila dapat diterapkan akan menjadi sukses daerah dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan warganya.

“Kota Pariaman mempunyai kader-kader PKK yang sukses dan tekun, hal ini dibuktikan setiap ada kegiatan dan perlombaan baik di tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional, PKK Kota Pariaman selalu menjadi pemenang, dan untuk tahun 2018 ini, PKK Kota Pariaman berhasil menjadi Terbaik III di tingkat Nasional dalam lomba IVA Test”, katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pembentukan karakter generasi muda, dimulai dari keluarga, dimana peran ibu-ibu kader PKK, dalam mengayomi keluarga, lingkungan dan daerahnya, sehinga dengan tingginya pengaruh globalisasi yang negatif yang masuk kedaerah kita, dapat kita tangkal dari karakter generasi muda yang diciptakan oleh seorang ibu, ujarnya mengakhiri.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius dalam exposenya mengatakan bahwa gerakan PKK, sangat dibutuhkan dalam peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai di tingkat Kota Pariaman.

“Dalam penyampaian visi dan misi, serta RPJMD Kota Pariaman tahun 2018-2023, salah satunya adalah Revitalisasi PKK, yang bermaksud untuk meningkatkan kembali peranan PKK di tengah masyarakat, yang mesti disupport oleh SOPD terkait yang terhubung dalam program PKK”, tukasnya.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Kota Pariaman yang genap berumur 1 bulan kepemimpinanya, mengharapkan agar kader PKK di setiap lini, untuk dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, sehingga peranan PKK yang kita inginkan yang hadir di tengah masyarakat, benar-benar dapat diimplementasikan.

“Kita berharap dari 1061 Kelompok Dasawisma yang ada di Kota Pariaman, saat ini yang baru dikategori Maju sebanyak 132 kelompok, 703 di kategori Berkembang dan 181 kategori Tumbuh. Karena itu, kami berharap yang masih berada di kategori Berkembang dan Tumbuh, agar bisa meningkatkannya menjadi kategori Maju”, tutupnya. (J)