Desa Kampung Baru Pariaman Tengah Jadi Percontohan Tertib Lalu Lintas

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Desa Kampung Baru Pariaman Tengah di tetapkan sebagai Desa Percontohan untuk Kampung Tertib Lalu Lintas Kota Pariaman.

Hal itu disampaikan Kasatlantas Polres Kota Pariaman AKP Dwi Yulianto di dampingi KBO Lantas Rusli dan Kanit Dikyasa Zerti.Y di Aula Kantor Desa Kampung Baru, Selasa (17/10/2018).

AKP Dwi Yulianto mengatakan bahwa Kampung Tertib Lalu Lintas ini akan di jadikan percontohan kepolisian masyarakat berbasis polantas untuk turut serta membantu keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

“Hari ini Desa Kampung Baru kami tetapkan sebagai Desa Percontohan Kampung Tertib Lalu Lintas , jadi mereka yang lewat di kampung ini pengendara harus tertib dan mematuhi aturan yang berlaku. Dan masyarakat yang bepergian dengan sepeda motor agar selalu mengenakan helm , membawa STNK , dan SIM. Jauh dekat mereka tetap harus menggunakan helm . Sebab kecelakaan itu tidak mengenal perjalanan jauh maupun dekat”, ujarnya.

Selain itu KBO Lantas Rusli juga mengatakan “Kampung ini tidak bisa tercipta tanpa adanya partisipasi dari warga sendiri. Untuk itu mereka harus memulai dari diri sendiri dengan tertib di lingkungan rumahnya , juga kampungnya.

“Karena desa ini adalah Kampung Tertib Lalu Lintas jadi masyarakat Desa Kampung Baru juga harus memberikan aspirasi dan contoh kepada warga yang lainnya untuk ikut tertib juga”, ujarnya.

Lebih lanjut Yulianto mengatakan mereka yang tidak patuh lalu lintas, harus sadar bahwa kawasan yang mereka lewati adalah Kampung Tertib Lalu Lintas mereka harus mematuhi aturan yang sudah dibuat.

Jika mereka melanggar warga akan mengingatkan mereka dengan cara memberikan edukasi yang mana ini merupakan wujud komitmen dari warga masyarakat Desa Kampung Baru, jika tidak bisa di berikan edukasi dan mematuhi peraturan yang ada masyarakat bisa langsung melapor ke Kasatlantas untuk tindakan selanjutnya.
AKP Dwi Yulianto kembali menegaskan bahwa dengan adanya kampung lalu lintas ini menurutnya bisa menambah kesadaran masyarakat khususnya pengendara sepeda motor agar bisa melengkapi kelengkapan kendaraannya.

Mereka juga harus patuh terhadap rambu-rambu yang ada dan tidak melawan arus lalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Beliau juga berharap dengan Tertib Lalu Lintas ini mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas di daerahnya dan membantu jajaran Satlantas untuk menekan angka kecelakaan.

Beliau juga berharap keberadaan Kampung Tertib Lalu Lintas ini juga bisa menjadi contoh bagi desa atau kelurahan lainnya yang ada di kecamatan di wilayah Kota Pariaman ini , di harapkan bisa meniru dan bersama-sama menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Selain itu beliau juga berpesan juga Jangan lupa bayar pajak kendaraannya , jangan sampai telat apalagi menunggak bertahun-tahun. Kalau menunggak nanti bisa di tilang dan tidak bisa mendapatkan santunan dari Jasa Raharja bila mengalami kecelakaan.

Acara Kampung Tertib Lalu Lintas tersebut di hadiri Sekdes Kampung Baru Surya Im Huda berserta perangkat desa lainnya , BPD , LPM , Karang Taruna , Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang.

Dalam kesempatan ini Surya Im Huda menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Polres Kota Pariaman khususnya Satlantas yang telah memberikan kepercayaan kepada Desa Kampung Baru sebagai Desa percontohan Kampung Tertib Lalu Lintas di Kota Pariaman.

“Semoga dengan adanya kehadiran Kampung Binaan Tertib Lalu Lintas ini bisa dan mampu menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas di Desa Kampung Baru, serta masyarakat juga bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas pada lingkungan dan keluarga”, tutupnya. (desi/amir)