Pasaman Barat Dikepung Banjir

BIJAKONLINE.COM—(Pasaman Barat) Pasaman Barat di kepung banjir. Akibat hujan deras mengguyur kawasan Pasaman Barat (Pasbar) belakangan ini, terutama Kamis 11 Oktober 2018, sekira pukul 12.30 Wib,  sampai berita ini di turunkan kawasan Pasbat merata di guyur hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Wahluyo, melalui nggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Kuria Sakti, pada media Bijakonline.com membenarkan, akibat hujan yang mengguyur kawasan Pasbar sejak pukul 12.30 Wib, telah terjadi banjir di wilayah Jambak Jalur I, II  dan Jalur III, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, hingga mengakibatkan rumah warga tergenang air setinggi 1 meter.

“Sekarang kita tengah melakukan evakuasi warga yang terkena banjir ke tempat yang aman, namun sebahagian masyarakat menumpang di rumah sanak famili mereka yang tidak terkena banjir, agar mereka dapat beristirahat,” katanya

Dikatakan, banjir tersebut disebabkan meluapnya air irigasi yang ada di wilayah itu, diperkirakan irigasi tersebut tidak sanggup menampung debit air hingga mengakibatkan air  melimpah dan menggenangi rumah warga setinggi I meter.

Bukan itu saja banjir juga melanda Nagari Kajai bahkan di Nagari setempat juga tiang listrik tumbang ke jalan, begitu juga di Nagari Kapa hingga menggenangi  ratusan rumah warga, Parahnya di nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman setidaknya 2 unit rumah telah di nyatakan hanyut.

Belum lagi ratusan rumah masyarakat terrendam hingga hilang dari pandangan. “Ini sangat luar biasa dari banjir-banjir sebelumnya karna air tiba-tiba langsung saja membesar hingga dalam hitungan detik air langsung menggenangi rumah warga,” kata Serel salah warga setempat.(Arafat SH)