Nasrul Abit Serahkan 450 Set Gill Net untuk Nelayan Muaro Anai

TABLOID BIJAK (Padang)—Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan bantuan alat tangkap kepada nelayan Muaro Anai, di PPI Muaro Anai, Kamis, 11 Oktober 2018.

Penyerahan tersebut dilakukan setelah wagub mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) usai menyalurkan bantuan masyarakat Sumbar bagi warga Sulawesi Tengah yang terdampak bencana.

Bantuan yang diserahkan berupa 450 set alat tangkap jaring gill net yang diberikan kepada 45 nelayan setempat.

Sebelum penyerahan dilakukan, Nasrul Abit menyampaikan, jaring gill net diberikan sebagai pengganti alat tangkap pukek oso yang biasa digunakan nelayan setempat yang kini dilarang penggunaannya oleh pemerintah karena menyebabkan kerusakan habitat dan ekosistem laut.

Wagub lebih lanjut menekankan, jika setelah penyerahan bantuan masih ada nelayan yang menggunakan pukek oso, aparat penegak hukum akan melakukan penindakan.

Dalam kondisi tersebut, Pemprov Sumbar tidak akan memberikan perlindungan dalam bentuk apapun karena telah disampaikan bahwa penggunaan pukek oso adalah perbuatan melanggar hukum.

Nasrul Abit menyatakan, yang diinginkan Pemprov dengan penyerahan bantuan adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat tanpa merusak lingkungan.

Senada disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumbar, Yosmeri, menyebutkan, penyerahan bantuan merupakan bentuk pemenuhan janji Pemprov yang disampaikan tahun lalu untuk melegalkan usaha nelayan Muaro Anai.

Yosmeri juga mengharapkan, nelayan Muaro Anai memenuhi janji mereka untuk tidak lagi menggunakan pukek osoh setelah menerima pengganti alat tangkap hari ini.

Selain itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, Eviyet Nazmar menyampaikan, bantuan seharusnya diberikan kepada 65 nelayan Muaro Anai yang masih menggunakan pukek oso dalam usahanya.

Lanjutnya, 45 nelayan dibantu oleh Pemprov Sumbar, sementara 20 nelayan dibantu oleh Pemko Padang. Hanya saja, bantuan Pemko Padang baru akan diserahkan bulan depan. (fardi)