Pembaharuan Cara Bernyanyi, Guru Besar UNP Prof Ardipal Latih 20 Guru TK

BIJAKONLINE (Padang)—Anak-anak harus diajari teknik menghasilkan suara bernyanyi dan bernyanyi dengan melatih teknik suara. Selaras dengan itu agar para guru Taman Kanak-kanak atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Padang dapat memahami langkah-langkah dalam mengajarkan cara bernyanyi, salah seorang Guru Besar Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof Ardipal melatih 20 Guru TK dan PAUD, Selasa (9/10).

“Pemahaman pengetahuan Guru TK dan PAUD tentang bahwa pembelajaran bernyanyi akan mempengaruhi karakter masih ada yang belum memahami. Pada hal bernyanyi membantu saraf anak-anak menghubungkan dan meningkatkan keterampilan anak dalam belajar saat mereka tumbuh dewasa. Bernyanyi dan musik juga dapat membantu anak untuk belajar bicara lebih dini,” ujar Prof Ardipal saat membuka pelatihan teknik pembelajaran bernyanyi bagi guru-guru TK dan PAUD di Sekolah TK Pembangunan Laboratorium UNP, Selasa (9/10).

Pelatihan itu diikuti sebanyak 20 orang guru TK dan PAUD. Selain Prof Ardipal sebagai nara sumber, juga Indra Yeni. Turut memberikan sambutan dalam pembukaan pelatihan Kepala Sekolah TK Pembangunan Labor UNP, Asmarini.

“Dengan adanya pelatihan ini wujud pembelajaran bernyanyi bagi guru TK dan PAUD ada pembaharuan pengetahuan,” kata Prof Ardipal.

Melatih suara dengan teknik intonasi, resenonansi dan teknik artikulasi, Prof Ardipal berharap harusnya dipahami guru TK dan PAUD. Karena pada usai sekolah TK dan PAUD anak-anak mulai belajar menghitung dan membaca. Kedua hal ini akan lebih mudah dipelajari dengan media musik.

“Melalui lagu-lagu dengan lirik berupa angka atau abjad, si Kecil akan belajar menghitung dan membaca dengan lebih menyenangkan. Saat usia ini, si Kecil juga sudah bisa dikatakan siap jika ingin belajar tentang instrumen musik, jadi tak ada salahnya menawarkan les musik atau bernyanyi kepada si Kecil,” ujarnya.

Metode Pembelajaran dalam pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini, dengan ceramah, tanyajawab, demontrasi dan latihan. Pelatihan ini sendiri adalah bagian dari program kemitraan UNP dengan masyarakat. (Humas UNP/Agusmardi)