Pawai Budaya Pasaman Membangun Kian Meriahkan HUT Pasaman ke-73

BAGI masyarakat Kabupaten Pasaman, 8 Oktober 2018 punya makna khusus. Kenapa? Karena, 8 Oktober merupakan Hari Jadi Kabupaten Pasaman yang ke 73 tahun. Sebagai sebuah kabupaten yang dipagari dengan jajaran Bukit Barisan, Kabupaten Pasaman merupakan daerah yang terletak dibagian utara dari Provinsi Sumatera Barat.

Untuk lebih memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasaman yang ke-73 2018 ini, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis terlihat senang dan bahagia, begitu melepas kegiatan Pawai Budaya yang bertajuk Pasaman Membangun, dengan melibatkan 12 Kecamatan, 37 Nagari dan 25 nagari persiapan se-Kabupaten Pasaman, yang digelar di Lubuk Sikaping, Senin, 8 Oktober 2018.

Yang hebatnya lagi, kegiatan Pawai Budaya Pasaman Membangun ini sengaja melibatkan seluruh Instansi pemerintahan, termasuk BUMD, BUMN dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Pasaman.

Kemudian arak-arakan Pawai Budaya Pasaman Membangun tersebut, disaksikan langsung oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dan Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama dan seluruh pejabat di Kabupaten Pasaman yang hadir di panggung kehormatan.

Sekitar 10 ribu masyarakat kabupaten Pasaman ikut memeriahkan perayaan HUT Pasaman yang Ke 73 ini, dengan menampilkan berbagai macam budaya dari masing-masing daerah, seperti rombongan Ronggeng dari Kecamatan Dua Koto.

Talempong, Gordang Sambilan Mandailing, Tari Piring, Rebana dari pengajian wirid yasin, juga di suguhkan dengan berbagai keunikan mobil-mobil yang dirancang sekian rupa oleh dinas-dinas yang ada di Pasaman seperti, mobil dinas Pendidikan.

Terlihat juga tampilan Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, BPJS, mobil Perpustakaan Daerah, Mobil Dinas kehutanan, Dinas BPBD, RSUD, Duscapil, Para TNI, Polri, Dan tidak ketinggalan BRI, BNI, Dan Bank Nagari ikut nemeriahkan, ini adalah suatu bukti nyata kalau masyarakat Pasaman punya Beragam adat, suku, akan tetapi bisa rukun, damai, dan sejahtera.

Sementara Bupati Pasaman Yusuf Lubis, ketika memberikan kata sambutan sebelum melepas pawai menegaskan, tujuan dari Pawai Budaya Pasaman Membangun ini, selain untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten pasaman, juga untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang keberhasilan Kabupaten Pasaman dalam membangu diberbagai bidang. “Acara ini kita laksanakan di seluruh kabupaten pasaman, camat, Walinagari kita libatkan disini demi memeriahkan acara ini,” katanya.

Sementara Kabag Humas Pasaman, Delsi Syafei mengatakan, acara peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman yang ke 73 ini, merupakan sebuah momentum yang sangat strategis untuk mewujudkan apa yang menjadi visi misi pasaman kedepan.

“Kita tahu bersama bahwa visi misi pemerintah daerah Yusuf Lubis-Atos Pratama dalam rangka meningkatkan Kesejahteraan, kehidupan beragama, dan dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap budaya.tentu saja kita anggap inilah momentumnya merupakan batu loncatan,” jelasnya.

Kemudian kata Delsi Syafei, diharapkan juga kedepannya dengan adanya momentum ini, bisa kembali melaksanakan program-program atau kegiatan yang sudah tercantum dalam RPJMD. Selamat HUT Kabupaten Pasaman, semoga semua pembanguna bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyaakat. (Fauzan)