FKS Adakan Pembahasan Kabupaten Sehat

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Padang Pariaman lakukan pembahasan dan inventarisasi indikator data dukung kabupaten sehat yang sudah dihimpun dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Pembahasan penting dilakukan untuk melihat sejauh mana pelaksanaan penghimpunan data yang dibutuhkan.

Demikian diungkapkan Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Padang Pariaman Rahmat Tuanku Sulaiman, Senin (8/10/2018), dihadapan pengurus FKS dan OPD terkait. Rahmat menyebutkan, dari inventarisasi data yang sudah dikirimkan masing-masing OPD dapat dilihat terhadap capaian apa yang sudah dilakukan.

“Dari data yang sudah dikirimkan, ternyata masih banyak data yang dibutuhkan. Karena itu, peran aktif masing-masing OPD sangat penting untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Keberhasilan Kabupaten Sehat Padang Pariaman tidak bisa hanya mengandalkan FKS, Dinas Kesehatan atau Bapelitbangda saja, tetapi semua OPD terkait dengan mewujudkan Kabupaten Sehat,” tutur Rahmat.

Dengan demikian, kata Rahmat, semua pihak harus terlibat dalam mewujudkan Kabupaten Sehat. Pengurus FKS sebagai relawan, berupaya mendorong perilaku sehat di tengah masyarakat. Sedangkan aparat di OPD juga mendorong adanya regulasi dan anggaran untuk mendukung program FKS sesuai dengan tatanan yang sudah disepakati.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Aspinuddin menyebutkan, penilaian dari kabupaten sehat bukan hanya untuk perlombaan. Namun yang lebih penting adalah penilaian kabupaten sehat terkait dengan perilaku sehat masyarakat. Bagaimana perilaku kehidupan masyarakat mencerminkan pola hidup sehat.

“Karena menyangkutkan perilaku sehat, maka semua pihak memang perlu terlibat aktif. Penghargaan yang diperuntukkan bagi daerah agar dapat menuju kabupaten sehat yang lebih baik,” kata Aspinuddin. (rel/amir)