5 Cara Mengatasi Cegukan Bayi Baru Lahir

Pada bayi berusia dibawah 1 tahun, sangat rentan mengalami cegukan. Hal ini disebabkan adanya reaksi otot-otot diafragma, bukan pernafasan lho. Reaksi tersebut menyebabkan diafragma mengencang secara tiba-tiba dan tanpa disadari menutup pita suara di kerongkongan. Akibatnya bunyi khas cegukan dibagian atas tenggorokanlah yang terjadi. Sebenarnya cegukan yang dialami bayi baru lahir ataupun balita adalah suatu hal yang normal dan tidak berbahaya. Jadi bunda tak perlu khawatir ya. Namun jika hal ini dirasa mengganggu kenyamanan berikut 5 cara mengatasi bayi cegukan yang dapat bunda praktekkan.

  1. Ganti posisi menyusui

Yang pertama adalah dengan mengganti posisi menyusui. Saat menyusui sering kali udara juga ikut masuk dalam mulut bayi. Hal inilah yang membuat terjadinya cegukan. Nah untuk mengatasicegukan pada bayi baru lahir salah satunya adalah dengan mengubah posisi menyusui. Setelah memperbaiki posisi menyusui, diharapkan tidak aka nada lagi kemasukan udara bersamaan dengan ASI. Namun jika cegukan masih saja terjadi, hentikan sejenak proses menyusui, karena jika tidak kemungkinan besar bayi akan tersedak.

  1. Pastikan posisi menyusui sudah benar

Alangkah lebih baik jika bunda mau mengecek juga posisi menyusui. Apakah sudah benar atau belom? Posisi menyusui yang tepat adalah putting dan aerola/ bagian bawah kulit yang berwarna lebih gelap yang melingkari puting masuk kedalam mulut bayi diikuti dengan perut bayi berhadapan langsung dengan perut bunda. Jika posisinya sudah benar, maka bayi akan dapat menerima ASI secara perlahan hingga cegukan pun tak akan terjadi.

  1. Memeluk bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang paling sederhana adalah dengan memeluknya. Memeluk bayi dipercaya akan memberikan ketenangan pada tubuhnya yang mungil karena harus mengalami cegukan yang sangat mengganggy. Biasanya dengan memeluknya beberapa menit saja, cegukan bayi akan terhenti dan dapat kembali normal.

  1. Menepuk punggung bayi

 Selain memeluknya dan memeberikan ketenangan, bunda bisa mengatasi cegukan pada bayi dengan cara menepuk-nepuk punggungnya secara perlhan. Gendong bayi dengan posisi seperti orang yang sedang berdiri, letakkan kepala bayi di pundakmu, kemudian tepuk-tepuk punggung bayi secara perlahan dan lembut hingga keluar sendawa. Jika kamu membiasakan cara ini maka akan cukup ampuh untuk menghentikan cegukan dengan cepat.

  1. Berikan makanan sedikit demi sedikit

Apakah bayi bunda sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI? Cara terakhir mengatasi cegukan adalah dengan memberikan makanan sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Nah dengan cara ini, bayi tidak akan terburu-buru menelannya. Namun jika cegukan terjadi disertai muntah, segeralah bawa ke dokter. Karena biasanya hal ini menandakan bahwa bayi sedang mengalami serius pada bagian perutnya.

Sebenarnya cegukan ini dapat hilang dengan sendirinya saat bayi sedang tidur. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, cegukan juga tak akan muncul karena sudah adanya keseimbangan pada system tubuh yang semakin meningkat. Namun untuk meminimalisir rasa kurang nyaman pada bayi yang diakibatkan karena cegukan, kamu bisa mengikuti cara diatas untuk mengatasi cegukan pada bayi baru lahir. Karena orang tua mana yang tak khawatir melihat buah hatinya tidak nyaman karena cegukan.

Nah itulah 5 cara mengatasi cegukan bayi baru lahir. Jangan pernah membiarkan kondisi ini berlama-lama, karena kasihan jika pernapasan bayi terganggu dan merasa tidak nyaman. Semoga bermanfaat dan cegukan bayi cepat sembuh.