Pasar Kurai Taji Merupakan Pasar Rakyat Pariaman Selatan

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Pasar Kurai Taji, merupakan Pasar Rakyat Pariaman Selatan, diresmikan pemakaiannya oleh Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, Kamis (4/10/2018). Pasar ini dibangun berkonsep paasar tradisional modren, dibangun sejak tahun 2015.

Mukhlis Rahman, berharap bagaimana pedagang dan pengunjung yang berbelanja merasa nyaman ketika berada dalam pasar dan diharapkan kepada pedagang untuk selalu menjaga kebersihan pasar terhindar dari becek dan jauh dari bau yang tidak sedap.

“Mari sama-sama menjaga dan memelihara kebersihan dan keindahan pasar dengan harapan pedagang dan pengunju yang sengaja datang untuk berbelanja terasa nyaman, saat bertransaksi di pasar,” ujar Mukhlis Rahaman.
Dalam penilai pasar yang diadakan Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2017. Pasar Kuraitaji mendapatkan predikat sebagai pasar terbaik ke 2 di Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Letaknya yang sangat strategis, di perbatasan Kota Pariaman dengan Kabupaten Padang Pariaman, menjadikan pasar Kurai Taji pasar yang buka selama 24 jam. Pasar Kurai Taji sangat terkenal dengan Los Lambuang yang menyajikan minuman khas teh telor dan kuliner lainnya.

Pada pagi hari sampai malam hari Pasar Kurai Taji, menjadi tempat persinggahan istirahat minum bagi masyarakat yang datang dari Pasaman dan ubuk Basung yang mau ke Padang. Begijuga sebaliknya dari Padang mau ke Lubuk Basung dan Pasaman, mereka sering mampi di Los Lambuang untuk melepaskan lelah sambil menikmati kuliner, seperti katupek gulai tunjang, katupek gulai paku dan sate.

Termasuk perantau Pariaman yang pulang kampung, mereka sengaja datang ke Los Lambuang, baik pagi, siang dan malam hari dan yang sangat lebih menyenangkan pedagang kulinernya kompak dan saling membantu antara satu sama lain.

“Dimana pun duduk dan apa pun yang kita inginkan, walau pun tidak ada pada kedai yang kita duduk, pemilik kedai atau warung akan memesankan sama temannya. Ciri ciri khas ini perlu untuk dipertahankan,” tukuk Mukhlis Rahman.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Reni Mukhlis. Selanjutnya peninjauan kios yang ada di pasar Kurai Yaji ini, dan dilanjutkan makan bersama di lantai 2 Pasar Kurai Taji, oleh semua undangan yang hadir.
Hadir Ketua DPRD Kota Pariaman, Faisal, Ketua KADIN kota Pariaman, Jomohor, Ketua KAN Kuraitaji , Asman Yahya, Kasdim 0308 Pariaman, Marjoni, Owner Safari Inn Hotel & Cottage, James Nazmi, Wakil Ketua Baznas Kota Pariaman, Khaidir, Kepala Dinas di OPD Kota Pariaman, Kabag, Camat, Tokoh Masyarakat Kecamatan Pariaman Selatan dan masyarakat. (rel/amir)