Pemprov Sumbar Kirim 1 Ton Lebih Rendang ke Palu dan Donggala

TABLOID BIJAK (Padang)—Sumatera Barat mengirim 1.320 Kg rendang untuk bantuan bencana gempa/stunami palu dan donggala.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat , Rabu, 3 Oktober 2018.

“Sekarang kita sedang mencari pesawat yang akan membawa rendang. Untuk informasi kami juga sudah minta kepada kantor badan penghubung di Jakarta untuk menghubungi kantor perhubungan yang ada di Sulawesi Tengah, bagaimana caranya untuk membawa kesana,” ujar Nasrul Abit.

Setelah barang ini berangkat, Wagub juga ikut pergi ke Sulteng, karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) juga akan memberikan sumbangan uang sebesar 500 juta.

Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan, kata Wagub, dan berharap sampai disana seluruh relawan bisa membagikan rendang sampai kepada masyarakat.

“Rendang dari Sumatera Barat ini harapkan kita sampai kepada seluruh masyarakat Sulteng,” harapan Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga mengatakan, dari tim BPBD Sumbar juga akan berangkat dan mengawal barang ini sampai ke lokasi.

“Kalau tak bisa sampai pesawat, ya paling lewat Poso, yang terpenting pokoknya sampai ke Palu aja. Kalau lewat Halim yang diangkut barang2 instruksi presiden dulu. Kami harap bisa ada jalan lah untuk prioritaskan bantuan ini,” ujar Nasrul Abit.

“Kita kesulitan dalam pengiriman dari Jakarta ke Sulteng, sampai hari ini belum dapat pengiriman apa sampai ke Palu,” ujar Nasrul Abit sembari menambahkan kantor penghubung jakarta sedang koordinasikan, Kalau bisa dikirim lewat halim, kalau tidak bisa lewat Poso. semoga minggu ini bisa disalurkan kepada masyarakat.

Nasrul Abit juga menghimbau kepada masyarakat Sumbar jangan hanya rendang, kalau ada selain rendang seperti pakaian, alat tulis, sepatu, tas, pakaian sekolah, kain sarung, dan lainya. (fardi)