Ini Dia Tips Aman Membersihkan Mesin Mobil

Bukan hanya bagian eksterior ataupun interiornya saja yang harus diperhatikan kebersihannya dari sebuah mobil, karena adanya bagian penting lainnya yang harus diperhatikan kebersihannya yaitu mesin. Pasalnya pusat kinerja dari sebuah mobil itu bagian mesinnya sehingga perhatian yang khusus sangat dibutuhkan. Pada saat mesin mobil kotor maka akan sangat membahayakan pada saat dikendarai dan pastinya akan beresiko karatan. Kotornya mesin mobil ini banyak sekali penyebabnya seperti tetesan oil, panas mesin, dan yang lainnya. Oleh karena itu, tips membersihkan mesin mobil pada artikel ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Memasuki liburan akhir pekan ada baiknya para pemilik mobil meluangkan waktunya untuk membersihkan mesin mobilnya sendiri. Kebersihan bagian mesin ini seringkali terlupakan padahal dengan menjaga kebersihan mesin mobil maka akan dapat membuat mesin semakin awet dan tidak rewel. Tetapi untuk membersihkan bagian mesin ini harus dilakukan dengan hati hati karena ini merupakan bagian yang sangat sensitif. Didalam bagian mesin ini adanya beberapa bagian mesin yang tidak boleh terkena air seperti aki, kabel, dan juga sensor.

Tetapi tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips membersihkan mesin mobil yang aman. Berikut tips aman membersihkan mesin mobil diantaranya yaitu :

  1. Dengan Mengecek Kelistrikan Mobil

Pastikan semua aliran listrik pada mobil dalam keadaan mati sebelum dilakukannya pembersihan bagian dalam mesin. Jika kondisi listrik masih dalam keadaan menyala maka akan sangat membahayakan jika tempat tersebut terkena air. Selain itu untuk mempermudah proses pelepasan kerak kerak yang menempel pada bagian mesin mobil maka sebelumnya nyalakan terlebih dahulu mesin.

  1. Membungkus Bagian Elektrik Dengan Plastik

Pada saat kondisi mesin mobil sudah hangat dan matinya sistem kelistrikan maka bungkus perangkat elektrik yang ada didalam mesin dengan plastik. Sehingga nantinya pada saat dilakukannya proses pencucian bagian elektrik tersebut tidak akan terkena air. Selain dengan plastik kita juga bisa menutupnya dengan menggunakan alumunium foil atau apa saja yang penting bisa melindungi bagian elektrik tersebut dari terkena air.

  1. Dengan Memilih Bagian Yang Paling Mudah

Untuk memulai proses pencucian ini sebaiknya dimulai dari bagian yang paling mudah dulu yaitu biasanya bagian bawah kap mobil. Semprotkan air pada bagian bawah kap tersebut dengan menggunakan selang air bertekanan tinggi.

  1. Harus Hati Hati Melakukannya

Kita harus bersikap hati hati pada saat akan membersihkan bagian inti mesin. Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan cairan engine degreaser dengan cara menyemprotkan cairan ini kebagian mesin yang terkena noda. Cairan ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan noda yang membandel. Setelah menyemprotkan cairan ini lalu diamkan selama 10 menit dan untuk meratakannya ke seluruh bagian mesin maka bisa dengan menggunakan kuas.

  1. Pembilasan

Untuk membilas cairan engine degreaser maka cukup dengan menggunakan spray sehingga air tidak akan mengucur terlalu deras atau menyebar kemana mana. Pada saat sedang menyemprotkan air ini sambil dilakukan pengelapan dengan memberikan sedikit tekanan pada bagian mesin yang terkena noda.

Itulah tips aman membersihkan mesin mobil. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh para pemilik mobil jika rajin membersihkan bagian mesinnya diantaranya yaitu mencegah terhambatnya pelepasan panas, mencegah terjadinya resiko kehausan pada bagian bagian komponen mesin yang terbuka, meringankan kerja kipas pada radiator mesin dan juga pendingin udara, dan menjaga kondisi konektor listrik supaya te  tap dapat bekerja dengan baik.