Pemko Pariaman Ikuti Pertemuan Jaringan Minang Dunia dan Festival Minangkabau 2018

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Rombongan Pemko Pariaman ikut pertemuan jaringan Minang Dunia dan Festival Minangkabau 2018 (29,30/9/2018) di Deakin Universty Melbourne Burwood Campus Victoria Australia.

Informasi ini disampaikan Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM melalui pesan Whatsapp, dari Australia, Sabtu (29/9/2018). Menurut keterangan Mukhlis Rahman, acara Minang Dunia (MDN) ini diikuti 300 orang peserta dari seluruh dunia, Malaysia, Eropa, Amerika dan kota di Indonesia.

Dari Sumatera Barat, hadir Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan isteri, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim dan isteri. Kemudian Wali Kota Padang Mahyeldi, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dan Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, serta beberapa SOPD Sumbar.

Acara dibuka oleh Tan Sri Datuk Besar DR. Rais Yatim dari Malaysia. Tujuan dari acara ini menduniakan Minang, sehingga eksis dunia dengan Minang Restoran, Minang House, dan khusus untuk Kota Melborne sudah terkumpul dana 2,4 milyar untuk bangun Surau Minang.

Kegiatan diisi dengan beberapa Seminar, seperti Seminar Adat dan Budaya . Tampil sebagai Nara Sumber , Tan Sri Datuk Besar DR. Rais Yatim (Ketua Dewan Penasehat Jaringan Perantau Minang Dunia /Menteri di Kerajaan Malysia, sejak Tahun 1978.

Dr. Robecca Fanany (Deakin Universtyburne Australia). Kemudian Hasril Chaniago (Wartawan/Penulis). Bertindak selaku Moderator Maskur Chaniago Dt. Parpatih Nan Sabatang. Seminar Pendidikan, selaku Nara Sumber, Dr. Fasli Jalal (Mantan Wakil Menteri Pendidikan Era SBY). Prof. Dr. Ismet Fanany (Guru Besar di Deakin Universtyburne Australia), Prof. Dr. Jurnalis Uddin (Ketua Yayasan Yarsi) dan Prof. Dr. Firdaus Abdullah (Malaysia). Moderator Zulfan Tadjoedin (Sydnei Australia).

Kemudian Seminar Investasi & Parawisata, Minang Diaspora Network Global Meeting dan Festival Minangkabau. Sebagai Nara Sumber, Prof. Dr. Irwan Prayitno (Gubernu Sumatera Barat), Komjel.Pol. (Purn) Ahwil Loethan (Mantan Duta Besar RI di Meksiko) H. Mahyeldi Ansyarullah (Wali Kota Padang). Moderator Dr. Ivan Rizal Sini.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan hiburan Tari Pasambahan (Welcome Dance) Siti Nurbaya Part 1 dan 2. Siti Nurbaya Drama Musical End, Fashoin Show dan Closing/End. Sayang Mukhlis Rahman tidak menjelaskan rombongan yang ikut dari Pemko Pariaman. (amir)