Ayanda Januardi Sumka Meninggal Dunia, Rektor UNP Melayat ke Rumah Alm Umar Kasim

BIJAKONLINE (Padang)—Kabar duka datang dari Januardi Sumka, mantan anggota DPR Kota Padang. Umar Kasim (84), ayahnda dari Januardi Sumka, yang juga pernah anggota DPR Kota Padang dari fraksi Golkar, meninggal dunia pada hari Kamis (27/9) pukul 22.45 WIB. Umar Kasim meninggal pada usia 86 tahun di RSUP M Jamil Padang.

Dikutip dari keterangan Januardi Sumka, Jumat (28/9), jenazah Kamis (27/9) malam saat di RSUP M. Djamil Padang, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fachrizal mengucapkan belasungkawa dan pada Jumat (28/9) menjelang Jumatan jenazah yang disemayamkan dirumah duka Jln Rasuna Said No 97 dilepas oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD.

Pada kesempatan itu Ganefri meminta pelayat untuk memaafkan atas semua kesalahan Almarhum baik disengaja ataupun tidak disengaja semasa hidupnya, “semoga almarhum Khusnul Khotimah, Aamiin Ya Rabbal Alamin,” ujarnya.

Umar Kasim diketahui sepekan telah rawat inap di . RSUP M.Djamil, Padang. Pada saat Kamis (27/9) malam orang nomor satu di Polda Sumbar datang untuk membezuk, karena istri Kapolda Sumbar, Fahcrizal masih ada hubungan keluarga dengan Alm Umar Kasim.

Umar Kasim lahir Kubu Padang Manis Campago Kam[ung Dalam Padang Pariaman, berkarir di bidang kemiliteran, Angkatan Darat TNI, dengan pangkat terakhir Letkol.

Beliau pernah menjadi anggota DPRD Kota Padang dan pimpinan Partai Golkar di era orde baru dan beberapa jabatan dibidang olahraga pernah diemban beliau, pengurus KONI Sumbar dan Ketua Harian PRSI Sumbar.

Sepanjang karir, beliau pernah menerima penghargaan atas pengabdiannya. Pak Umar juga menaruh perhatian besar pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan di Kota Padang. Salah satunya pengabdian terakhirnya adalah pengurus Masjid Muhsinin, Kelurahan Padang Baru, Padang.

Saat melepas almarhum ke tempat istirahat terakhir, juga turut memberikan sambutan dari keluarga besar Partai Demokrat dan pihak keluarga diwakili Dr Fauzi Bahar, selanjut di shalatkan di Masjid Muhsinin dan dikuburkan di Kampung Dalam di kabupaten Padang Pariaman. (Agusmardi)