Bupati Muko-Muko Terima Bendera Kirab Satu Negeri

TABLOID BIJAK (Muko-Muko)—Ketua Pimpinan GP Ansor Provinsi Sumatera Barat Rahmat Tuanku Sulaiman sengaja melaksanakan serah terima bendera kirab satu negeri ke Provinsi Bengkulu yang diterima langsung oleh Bupati Muko Muko Chairul huda, di rumah dinas bupati muko-muko, Kamis, 27 September 2018.

Dalam sambutan pengurus pusat GP Ansor Abdul Haris Makmun, SH. MH menjelaskan, bahwa kirab satu negeri yang dilaksanakan oleh GP Ansor yang dimulai dari 5 titik terluar yang serentak pada tanggal 16 September lalu, Marauke Papua, Rote NTT, Miangas Sulawesi Utara, Nunukan Kalimantan Utara, dan Sabang Aceh.

Titik pusatnya kirab satu negeri pada tanggal 26 Oktober 2018, yang akan laksanakan di Pandopo lapangan kraton Jogja yang dihadiri oleh Presiden RI.

Abdul Haris Makmun juga mengatakan, mengapa kirab satu negeri dilaksanakan,? yaitunya ada 4 alasan dan 4 tujuan. Akhir-akhir ini sering kali dihadapkan oleh adanya beberapa kelompok kecil yang mencoba mengganggu dan melonggarkan ikatan konsensus kebangsaan.

Lanjutnya, akhir-akhir ini juga ada beberapa kelompok yang mencoba menggunakan agama sebagai alat politik, sehingga sesama antar umat beragama itu mulai di genjor-genjorkan, padahal untuk meraih sesuatu yang sangat kecil, dan yang lebih parahnya agama dijadikan sebagai konflik.

“Saya mengajak, dengan adanya kirab ini. Ansor mengajak agama sebagai inspirasi kita untuk hidup berdampingan, agama menjadi semangat kita untuk berbagi sesama anak bangsa, agama menjadi sumber-sumber energi kita, agar semua komponen bangsa menyatu dan beriring bersama membangun kebangsaan ini,” ujar Abdul Haris Makmun.

Menurut Abdul Haris Makmun, dengan adanya kelompok-kelompok kecil yang tumbuh itu, masyarakat hanya bisa menyaksikan, mereka menyebar berita hoax, melempar fitnah, saling mencaci, tapi banyak mayoritas dan masyarakat memilih untuk diam.

“Maka dengan kirab satu negeri, saya mengajak semua masyarakat Indonesia mari kita suarakan kebenaran, kesatuan, kebangsaan,” ujar Abdul Haris Makmun.

“Kita tahu bersama bahwa dunia Internasional, ada negara-negara berkonflik sasama bangsanya seperti Timur Tengah,” ujar Abdul Haris Makmun sembari menambahkan kita ingin menjadikan Indonesia ini yang mayoritas muslim banyak umat islamnya jadi Inspirasi dunia.

Selain itu, Bupati Muko-Muko Chairul huda mengucapkan selamat datang kirab satu negeri di Bengkulu.

Lanjut, Chairul Huda, kirab satu negeri ini memberikan semangat juang kepada masyarakat untuk bersatu.

Menurut Chairul Huda, Indonesia adalah bangsa yang paling berdemokrasi, bayangkan pemilihan-pemilihan apapun tidak terjadi atau timbul gerakan yang akan menghancurkan persatuan.

“Sayang kalau hanya sebuah beda pilihan kita pecah, dan sayang kalau kita beda sesuatu kita pecah,” ujar Chairul Huda sembari menambahkan maka dari itu, satukan tekat, emosional, untuk menetapkan bagaimana bagsa ini.

Selain itu, penyampaian tausiah yang disampaikan oleh ustad kiyai H. Raden Mahfud Hamid. (fardi)