Bendera Kirab Satu Negeri GP Ansor Sampai di Pessel

TABLOID BIJAK (Pesisir Selatan)—Bendera kirab satu negeri di serahkan langsung oleh Ketua Pimpinan GP Ansor provinsi Sumatera Barat Rahmat Tuanku Sulaiman kepada Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Pesisir Selatan Khairul, di Masjid Jami’ Istiqomah, Nagari Pasir Binjai, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu, 26 September 2018. Pada saat penyerahan bendera kirab satu negeri juga di saksikan oleh masyarakat Pasir Binjai.

Dalam sambutan Pimpinan Wilayah GP Ansor Sumatera Barat Rahmat Tuanku Sulaiman menyampaikan, empat kondisi yang menjadi alasan mengapa diadakan Kirab Satu Negeri ini, karena adanya ancaman dari sekelompok kecil orang yang ingin mengubah atau merusak konsensus kebangsaan.

Ancaman tersebut dari pihak-pihak yang menggunakan agama sebagai alat politik dan menjadikan agama sebagai sumber konflik.”Dalam situasi seperti ini, kita sama-sama menyaksikan mayoritas rakyat kita lebih memilih diam,” ujar Rahmat.

Kemudian dDalam skala global, kata Rahmat, GP Ansor juga prihatin atas kondisi negara-negara lain, khususnya dunia Islam, yang saat ini dilanda konflik dan peperangan yang tak kunjung usai,” ujar Rahmat lagi.

Terkait itu, kata Rahmat, ingin Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 tetap kokoh menjadi pengikat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita ingin agama menjadi rahmah, sumber kasih sayang dan perdamaian, sebagaimana telah dipraktikkan berabad-abad oleh nenek moyang kita,” ujar Rahmat.

Sebagai masyarakat yang mayoritas, sangat toleran dan cinta persatuan, berani bersuara, tidak lagi memilih diam. “Kita ingin Indonesia yang majemuk namun hidup rukun dan damai ini menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia,” ujarnya lagi

Usai penyerahan bendera kirab satu negeri, GP Ansor bersama Banser serta masyarakat Pasir Binjai makan bersama. (fardi)