Angkot Terbakar di Pertamina Sawahan Kota Padang

TABLOID BIJAK (Padang)—Angkutan Kota (angkot) Padang terbakar sekitar pukul 15.00 WIB di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 14.251.519 di Jalan KH Haji Agus Salim Nomor 56 Sawahan, Padang Timur, Jumat, 21 September 2018.

Kebakaran terjadi akibat pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) kedalam 20 jerigen yang berada di dalam angkot, dan sumber api berasal dari percikan api dari angkot.

Tidak ada korban jiwa, yang ada satu mobil angkot terbakar dan beberapa sepeda motor. Selain Damkar juga ikut pihak Kepolisian dan Satpol PP turun ke lokasi.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Padang Hendrizal Azhar mengatakan, saat pemadaman butuh tantangan karena yang terbakar itu ada 20 jerigen isi minyak yang diisi ulang.

“Jadi kita keluarkan satu persatu dan kita padamkan secara manual dan dibawa keluar,” ujar Hendrizal Azhar.

Hendrizal Azhar juga mengatakan, percikan api berasal dari angkot yang membawa 20 jeregen tersebut, dan percikan api pada saat pengisian minyak.

Selain itu, Sales Executive Retail wilayah 8 Sumbar Warih Wibowo mengatakan, akan menunggu terlebih dahulu dari hasil olah TKP dari pihak yang berwajib.

“Artinya yang perlu kita sampaikan bahwa tidak dibenarkan bahwa pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) ke dalam jerigen, artinya bahwa BBM ini seharusnya memang di isikan ke dalam tengki kendaraan,” ujar Warih Wibowo.

Warih Wibowo juga mengatakan, jika benar pihak SPBU mengisi minyak kedalam jerigen itu memang terbukti adanya, tidak dilaksanakan prosedur atau ketentuan yang berlaku, tentu dari pertamina akan memberikan pembinaan atau sangsi tegas kepada SPBU-SPBU yang tidak melaksanakan operasional sesuai dengan standar. (fardi)