5 Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir merupakan bagian dari anggota tubuh yang memili peran yang sangat penting, khususnya bagi para wanita. Bagi para wanita, keindahan dari paras yang rupawan akan terasa kurang jika tidak menggunakan riasan pada bibir. Oleh karena itu, bibir sangatlah penting. Apalagi bibir juga selalu bersentuhan dengan makanan yang merupakan asupan energi seseorang. Lalu, bagaimana jika suatu saat Anda mengalami bibir kering? Kali ini, kita akan membahas cara mengatasi bibir kering dan mengelupas.

Karena pentingnya bibir dalam keidupan sehari-hari, sangat penting bagi Kita untuk selalu merawat kesehatan bibir. Apapun itu alassannya, jika bibir mengalami masalah maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mengalami masalah pada bibir Anda? berikut ini adalah cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda lakukan. Cara ini menggunakan cara yang alami sehingga akan aman untuk Anda lakukan nantinya. Dan untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara di bawah ini untuk mencegah terjadinya bibir kering yang di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tidak menjilati bibir

Bisa dibilang bahwa ini adalah kebiasaan semua orang. Menjilati bibir sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, baik itu secara sadar ataupun tidak sadar. Namun, apapun itu alasannya Anda harus tetap menghindari diri untuk menjilati bibir Anda karena ternyata menjilat bibir justru akan membuat bibir Anda menjadi kering. Menjilat bibir tidak akan membuat bibir Anda menjadi lembab, justru sebaliknya yaitu semakin kering. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan ini sebisa mungkin mulai sekarang agar bibir Anda tidak mudah kering.

  1. Meminum banyak air

Air tidak bisa ditinggalkan dari kehidupan manusia. Dan sering meminum air putih akan membuat bibir Anda menjadi lembab dan terhindar dari kering. Ini merupakan cara yang paling ampuh agar bibir Anda tetap lembab. Karena jika Anda kekurangan cairan dalam tubuh maka bisa mengurangi kelembapan bibir. Sehingga akhirnya bibir Anda akan menjadi kering. Untuk itu, minumlah air sesering mungkin minimal 8 gelas dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda.

  1. Memakai Lip Balm

Ini adalah cara yang bisa Anda gunakan di saat kondisi yang sangat mendesak atau di dalam sebuah acara tertentu. Lip balm bisa membuat bibir Anda tetap lembab dan segar. Pada lm balm ini biasanya terkandung petroleum, beeswax ataupun jenis meinyak lainnya yangmana akan menjadi penghalang untuk mencegah terjadinya bibir kering. Lip balm ini juga bisa melindungi bibir Anda dari sinar matahari, udara dingin, angin agar tetap lembab dan terhindar dari infeksi. Bahkan beberapa produk lip balm mengandung SPF yang dapat melindungi bibir dari sinar matahari.

  1. Lipstick yang Sesuai

Hal yang tentu saja harus Anda gunakan pada bibir Anda saat berhias adalah lipstick. Namun, pastikan jika lipstick yang Anda gunakan cocok dengan bibir Anda. Jangan yang Anda sampai salah menggunakan lipstick yang malah membuat bibir menjadi kering dan bahkan terinfeksi. Gunakan lipstick yang menggunakan alkohol dari tanaman seperti emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir sehingga tidak mengakibatkan bibir kering. Biasanya ada juga lipstick yang mengandung bahan yang sama pada lip balm yang bagus agar bibir tetap lembab.

  1. Lindungi bibir saat sedang menggunakan produk perawatan wajah

Hal yang perlu Anda ingat saat menggunakan produk perawata wajah adalah lindungi bibir Anda jangan sampai terkena. Ini bisa sangat memengaruhi kesehatan bibir Anda sehingga membuat bibir menjadi kering. Gunakan atau oleskan saja Petroleum Jelly atau Lp Balm untuk menghalangi bahan kimia terkena bibir.