Wabup Pasaman Sambut Kedatangan Kirap Pemuda 2018

BIJAKONLINE (Pasaman)—Kirab Pemuda 2018, telah datang di ranah Pasaman dan di sambut oleh Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama Jumat (14/09/2018) di Halaman Kantor Bupati .

Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama berharap para pemuda tetap bersatu dengan rasa persaudaraan yang kuat.

“Kita dapat kepercayaan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk Kirab Pemuda 2018 Kota Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat sebagai tempat Singgah nya”

“Pemkab Pasaman menyambut gembira kehadiran peserta di Kota Lubuk Sikaping ini, Menurutnya, Pemkab Pasaman tentu terus mendukung program-program keunggulan Kemenpora RI yang berorientasi pada pembentukkan pemuda-pemuda Indonesia hebat, sejahtera, dan sejalan dengan visi misi Kabupaten Pasaman 2015-2020 yaitu “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamais dan berbudaya”.ungkapnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI diwakili Deputi Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr. Faisal Abdullah, mengatakan, kirab pemuda 2018 adalah pawai (perjalanan napak tilas) kebhinekaan dalam dmendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan oleh WNI berusia 16-30 tahun (Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan), dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pasaman atas penyambutannya,”katanya.

Rombongan Kirab Pemuda Nasional 2018, lanjutnya, nantinya akan berada di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman selama 4-5 hari kedepan dan dilanjutkan ke Provinsi Riau pada tanggal 17 September 2018.

Harapannya adalah Kirab Pemuda dapat menjadi simbol pemersatu bangsa. Pemuda yang mengikuti Kirab Pemuda Nasional adalah wujud kepedulian pemerintah melalui berbagai instrumen. diantaranya melalui Kemenpora, melalui OPD di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) se-Indonesia, dengan membawa pelopor pemuda untuk bersatu.

Untuk di ketahui Peserta Kirab dibagi ke dalam dua tim yang akan bergerak melintasi zona Barat dan Timur. Zona Barat dimulai dari Sabang, sementara zona Timur di mulai dari Merauke.ungkap nya.(Fauzan)