MPASI Dengan Bahan Alami Untuk Bayi 6 Bulan

Umumnya ibu memberi ASI yang eksklusif selama 6 bulan kurang lebih pada bayi. Lalu, setelah sudah lebih dari umur 6 bulan, maka baru para ibu dapat memberi makanan pendamping asupan ASI atau mungkin sering kita dengar dengan sebutan MPASI. Tetapi dalam resep MPASI tersebut, Anda tidak boleh asal membuat atau sembarangan. Hal tersebut dikarenakan takutnya nanti bisa berbahaya bagi kesehatan si buah hati.

Tentunya menu makanan baik dan sehat untuk para bayi yaitu makanan yang dibuat oleh kita sendiri di rumah. Hal tersebut dikarenakan makanan ataupun minuman yang Anda buat sendiri bisa lebih terjaga dalam aspek kebersihannya/ kehigienisannya. Disamping itu, Anda juga bisa memastikan jika tak ada berbagai tambahan bahan yang cukup berbahaya seperti pengawet makanan. Bagi Anda yang sekarang ini ingin mencari resep menu makanan bayi MPASI untuk bayi yang telah berusia 6 bulan, silahkan simak bahasan di bawah ini.

  1. MPASI Beras Merah Untuk Usia Bayi 6 Bulan

Untuk resep menu makanan bayi MPASI untuk bayi yang telah berusia 6 bulan yang pertama yaitu dengan menggunakan bahan dari Beras Merah. Berikut ini bahan-bahan sederhana yang digunakan untuk membuat MPASI Beras Merah tersebut:

– Beras merah sebagai bahan utama secukupnya saja

– Tambahan ASI secukupnya saja

Sedangkan untuk resep menu makanan bayi MPASI untuk bayi yang telah berusia 6 bulan berupa bubur dari beras merah ini adalah sebagai berikut:

– Masaklah beras merah yang sudah disiapkan sampai menjadi bentuk bubur, kemudian saringlah lalu dicampur dengan tambahan ASI. Setelah itu, aduklah hingga merata

  1. MPASI Bubur Susu Untuk Usia Bayi 6 Bulan

Selanjutnya ada juga resep menu makanan bayi MPASI untuk bayi yang telah berusia 6 bulan berupa bubur Susu. Berikut ini bahan-bahan sederhana yang dipakai untuk pembuatan MPASI Bubur Susu tersebut:

– Anda bisa memilih beberpa jenis tepung seperti tepung maizena, tepung sagu, tepung beras ataupun tepung dari kacang hijau sebanyak 10 gram saja. Tetapi Anda jangan memakai tepung terigu

– ASI secukupnya

Sedangkan untuk cara membuat resep menu makanan bayi MPASI untuk bayi yang telah berusia 6 bulan Bubur Susu ini yaitu sebagai berikut ini:

– Masaklah tepung yang sudah Anda pilih sebelumnya dengan memakai tambahan air sedikit saja

– Lalu tahap pembuatan resep menu makanan bayi MPASI untuk bayi yang telah berusia 6 bulan selanjutnya adalah menuangkan campuran tepung dan air tersebut ke mangkuk bayi.

– Setelah itu, aduklah bersamaan dengan campuran ASI.

  1. MPASI Puree Labu Kuning Bayam Untuk Usia Bayi 6 Bulan

Ada lagi resep menu makanan bayi MPASI untuk bayi yang telah berusia 6 bulan yang lainnya yaitu MPASI Puree Labu Kuning Bayam. Bahan-bahan pembuatan MPASI tersebut sebagai berikut :

–  Daging ayam yang sudah dicuci sampai bersih dan juga dipotong kecil sebanyak 50 gram

– Labu Kuning yang sudah dicuci juga sampai bersih dan dipotong kecil sebanyak 50 gram juga

– Bayam sebanyak 25 gram, dicuci sampai benar-benar bersih

– Secukupnya ASI

Untuk cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Masukkanlah ayam dan labu kuning, rebus sampai matang
  2. Masukkan bayam pada rebusan air sampai lunak, lalu angkat dan ditiriskan
  3. Lalu, haluskan bahan matang tdai dan haluskan, lalu ditambahkan ASI.