PKK Tanjabtim Timba Ilmu ke Limapuluh Kota

BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)—Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi timba ilmu ke Kabupaten Limapuluh Kota.

Rombongan yang berjumlah sekitar 60 orang itu dipimpin langsung Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto bersama Ketua TP PKK Tanjabtim Ny. Wirdayanti Romi Hariyanto, bertempat di pendopo rumah dinas Bupati, Jumat (7/9).

Kunjungan TP PKK Tanjabtim tersebut mendapatkan sambutan hangat Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi. Bahkan bupati Irfendi Arbi berharap kunjungan kerja itu dilanjutkan dengan kerjasama yan g saling menguntungkan.

“Saya senang dan menyambut baik kedatangan PKK Tanjabtim. Saya berharap, kehadiran rombongan dari Tanjabtim ini akan semakin menumbuhkembangkan pariwisata di Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkap Bupati Irfendi ketika menerima rombongan dari provinsi tetangga itu.

Dalam kesempatan itu Bupati Irfendi juga mengekpose potensi objek wisata Lembah Harau yang luar biasa indahnya. Begitu juga pesona Kelok Sambilan dan kemolekan lokasi BPTU Padang Mengatas yang kini lebih dikenal dengan sebutan New Zealand-nya Indonesia.

“Kami berharap rombongan PKK Tanjabtim menceritakan keindahan dan pesona wisata Kabupaten Limapuluh Kota ini kepada masyarakat dan berbagai pihak di Tanjabtim,” tutur Bupati Irfendi.

Sementara itu Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto menyampaikan sengaja membawa PKK kecamatan, PKK kelurahan dan PKK desanya ke Kabupaten Limapuluh Kota untuk menyerap ilmu tentang program PKK untuk berikutnya di terapkan di Tanjabtim. Ia mengakui, Tanjabtim selaku kabupaten baru, masih serba keterbatasan, termasuk sumberdaya manusia pengurus PKK.

“Kami datang untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta wawasan untuk seluruh anggota PKK. Apa yang didapat di sini, apakah itu program maupun kinerja PKK-nya, nanti akan terapkan di seluruh kecamatan, kelurahan dan desa kami,” papar Bupati Romi sembari mengucapkan terima kasih atas sambutan bupati dan TP-PKK Kabupaten Limapuluh Kota.

Ia tidak membantah, berbagai program yang dilaksanakan pemerintah tidak terlepas pula dari keikutsertaan dan peran para anggota TP PKK. Hal ini diketahui berlaku pada` PKK Kabupaten Limapuluh Kota yang senantiasa berperan aktif dan berkotribusi positif untuk suksesnya berbagai program pemerintah daerahnya.

“Kami sengaja memilih Limapuluh Kota karena kami tahu PKK di daerah ini sudah jauh lebih maju dan berpresasi,” ungkap Sekretaris TP PKK Tanjabtim Siti Salamah Aruji menjawab wartawan di sela acara.

Menurut Siti, study banding ini diikuti oleh masing-masingnya satu oran g anggota PKK dari 11 kecamatan dan 42 orang dari kelurahan dan desa, serta sejumlah pengurus TP PKK Kabuaten. Tujuan kunjungan antara lain dalam rangka tukar informasi tentang forum KKS dan Kota Sehat.

Selain itu juga untuk melakukan sharing tentang berbagai keberhasilan program PKK di daerah ini, serta memperkenalkan produk-produk kerajinanan daerah seperti batik motif khas Tanjabtim ke Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kami tahu Limapuluh Kota merupakan daerah yang kaya prestasi teramsuk meraih prestasi kabupaten/Kota Sehat. Karenanya, kami memilih datang ke sini, sekaligus memperkenalkan produk kerajinan daerah kami,” papar Siti.

Turut hadir dalam acara itu Ketua GOW Kabupaten Limapuluh Kota Ny. Eka Ferizal Ridwan, Pj. Sekdakab Limapuluh Kota Widia Putra dan sejumlah kepala OPD. Dalam kesempatan tersebut rombongan juga mengunjungi sejumlah dasawisma di Kabupaten Limapuluh Kota salahsatunya Dasa Wisma Balai Talang Kenagarian Guguak. (ada)