OPD Pasaman Barat Sumbangkan Rp 200 Juta untuk Korban Bencana NTB

BIJAKONLINE.COM (Pasaman Baat)—Bentuk kebersamaan dan rasa peduli kemanusiaan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar) kumpulkan sumbangan Rp 200 juta lebih untuk bantuan bencana yang menimpa Lombok Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu.

Bupati Pasaman Barat, Drs, H. Syahiran, mengatakan, sebagai warga negara dan satu kedaulatan pastinya memiliki rasa satu nusa satu bangsa, maka sudah selayaknya merasakan musibah yang dialami masyarakat Lombok.

“Bencana tidak kita ketahui kapanpun bisa terjadi dan kapan datangnya. Hari ini Lombok yang merasa duka berupa gempa bumi. Bisa saja lain waktu Pasbar yang merasakan hal yang seperti ini,” katanya.

Untuk itu bentuk rasa peduli, mewakili seluruh masyarakat Pasbar, insyaalah terkumpul sumbangan yang jumlahnya mencapai Rp200 juta dari seluruh OPD, sebab anggaran untuk bantuan seperti itu tidak ada terdapat dalam APBD.

Bantuan tersebut, lanjutnya, dibelikan berupa kebutuhan, seperti beras, terpal tenda, tendon, minyak goreng, tendon air, ikan asin, serta untuk setiap kabupaten di Lombok ditambah adanya sebanyak 125 kg rendang, yang juga bentuk kepedulian dan
Partisipasi PKK, GOW dan DW Pasaman Barat yang juga didistribusikan langsung ke Lombok.

“Kita berharap semoga bantuan yang kita berikan ini walau jumlahnya belum memuaskan semoga ini bermanfaat bagi masyarakat Lombok, selain itu juga diharapkan masyarakat lombok dapat beraktifitas seperti biasanya,” kata Syahiran.

Sementara itu, Kepala BKSDM Pasbar, Yudesri di dampingi Kabag Humas Setda Pasbar, Yosmar Difia, menyampaikan, ada tiga Kabupaten yang diberikan bantuan diantaranya Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur dengan jumlah dusun 35 dusun. Bantuan tersebut diserahkan pada Senin dan Selasa 11 dan 12 September 2018 ke masing kabupaten bencana di Lombok.

“Kepedulian pemerintah daerah Kabupaten Pasbar terhadap duka Lombok kita buktikan dengan langsung memberikan bantuan kepada masyarakat setempat. Memang kondisi di Lombok kami jumpai membuat hati ini terenyuh, terutama di daerah Lombok Tengah dan Utara yang banyak bangunannya hancur dan sampai saat ini masyarakatnya masih tidur di tenda,” katanya.

Bantuan yang dibawa oleh Pemkab Pasbar diserahkan kepada pemerintah setempat yang berwenang menangani bencana melalui Badan Kesbangpol Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Arafat SH)