Catatan Tuanku Amiruddin dari Makkah (40): Bersiap-siap Melakukan Tawaf Wada

Jemaah Haji Kota Pariaman yang tergabung dalam kloter 11 Padang, akan melakukan Tawaf Wada, Kamis (6/9/2018) malam setelah selesai shalat isya.

Menurut Pembimbing Ibadah Haji Kloter 11 Padang H Muhammad Nur, Tawaf Wada wajib dilakukan oleh setiap Jemaah Haji yang akan meninggalkan Tanah Harram. Setelah melakukan Tawaf Wada, hanya boleh tinggal paling lama satu hari satu malam.

“Hukum melaksanakan kegiatan Tawaf Wada wajib bagi setiap Jemaah Haji. Kecuali kalau sedang haid bagi perempuan,” ujar Muhammad Nur ketika memberikan pengarahan kepada Kloter 11 Padang, Minggu (2/9/2018) di hotel Ataiseer Tower Jarwal Makkah.

Sebelumnya Ketua Kloter 11 Padang H. Hendri Yazid menjelaskan bahwa Jemaah Haji Kloter 11 Padang akan meninggalkan Tanah Suci Makkah, Jum’at tanggal 7 September 2018. Berangkat dari hotel 6 jam sebelum naik pesawat. Artinya sekitar jam 14. Waktu Arab Saudi (WAS) Jemaah Haji sudah berangkat ke Bandara Jeddah Arab Saudi.

Hendri Yazid meminta kepada semua jemaah haji Kloter 11 Padang sejak dari pagi sudah shalat subuh tidak berpergian lagi dari Hotel Al-Tayeer, karena jadwal bisa berubah rubah dalam satu saat.

“Kalau jadwalnya sudah tiba untuk berangkat semua jemaah haji diperintahkan untuk menaiki bus yang telah ditetapkan menurut rombongan masing masing. Siapa yang tidak ada waktu itu mereka bisa tertinggal dari rombongan,” tutur Hendri Yazid.

Kemudian satu hari sebelum kepulangan Jemaah Haji. Koper besar sudah diberangkatkan ke Bandara. Satu hari sebelum berangkat Koper besar sudah siap ditimbang dan sudah standby di Lobby Hotel.

“Kami harapkan jangan ada jemaah haji yang memasukkan Air Zamzam ke dalam Koper besar, karena dilarang oleh pihak penerbangan dan itu bisa membahayakan keselamatan penerbangan,” tukas Hendri Yazid.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan Jemaah Haji Kloter 11 Padang akan tekof meninggalkan Bandara Jeddah Arab Saudi King Abdul Aziz jam 21.30 WAS dan tiba di Indonesia Bandara Internasional Minangkabau (BIM) jam 10. 15 Wib.

“Mari kita sama-sama berharap dan berdoa kepada Allah SWT, semoga sukses dan lancar perjalanan kita semua ke Tanah Air kembali, ” kata Hendri Yazid lagi.

Selain itu kita juga berharap jemaah haji Kloter 11 Padang tidak ada yang tinggal di Makkah. Tetapi bisa kembali pulang ke Indonesia dan bertemu dengan sanak keluarga lagi.