Catatan Tuanku Amiruddin dari Makkah (36): Menunggu Jadwal Pulang ke Tanah Air

Menunggu jadwal pulang ke Indonesia Jemaah Haji Kota Pariaman, kini fokuskan ibadahnya shalat berjamaah di Masjidil Harram setiap waktu.

Walaupun  jarak hotel Ataiseer Tower Jarwal dengan Masjidil Harram sekitar setengah jam perjalanan, para jemaah tetap semangat untuk pergi terutama yang punya tubuh kuat.

Mantari Zunumar Jemaah Haji Kota Pariaman mengatakan ini kesempatan untuk dapat shalat berjamaah di Masjidil Harram. “Susah kita membayangkan untuk bisa datang ke Masjidil Harram lagi,” ujarnya.

Menurut H. Mantari Zunumar kalau untuk naik haji bisa dikatakan inilah yang terakhir. Soalnya, kalau pun punya uang untuk bisa mendaftar ulang menunggu dulu waktu 10 tahun baru bisa mendaftar masatenggangnya 17 tahun.

“Bisa dibayangkan ketatnya persaingan untuk bisa mengulang kembali ke Tanah Suci Makkah,” tukuk Mantari Zunumar.

Menurut Syofyan Jamal bagi yang sehat walafiat di anjurkan untuk pergi ke Masjidil Harram shalat berjamaah, karena memang imbalan pahala nya jauh berbeda dengan masjid di luar.

“Kita sangat menganjurkan untuk melakukan shalat berjamaah di Masjidil Harram,” tutur Syofyan Jamal.

Walaupun demikian di hotel Ataiseer Tower Jarwal tetap di laksanakan shalat berjamaah diperuntukkan untuk Jemaah yang punya fisik lemah atau yang tua tua tidak mampu untuk berjalan ke Masjidil Harram.

“Yang jelas setiap waktu ada shalat berjamaah untuk Jemaah Haji Kota Pariaman,” ulang Syofyan Jamal.