Catatan Tuanku Amiruddin dari Makkah (34): Nginap Lagi di Hotel Al-Tayeer Tower Jarwal Makkah

Rombongan Jamaah Haji Kota Pariaman Alhamdulillah, telah sampai kembali di Hotel Al-Tayeer Tower Jarwal Makkah, Kamis (23/8/2018).

Sebelum berangkat ke Makkah, rombongan jamaah haji Kota Pariaman tengah malam telah melakukan melontar jumroh Ulla Wustha dan Akabah untuk hari kedua dan disepakati untuk mengambil Nafar Awal.

Pembimbing Ibadah Haji Kloter 11 Padang H. Muhammad Nur mengatakan setelah istirahat beberapa jam di hotel kegiatan ibadah selanjutnya melakukan Tawaf Ifadah dilanjutkan dengan Sa’i Safa Marwa serta Tahlul Sani.

Tetapi jangan terlalu gesa gesa dan rasakan kekuatan fisik masing masing. Untuk selanjutnya diharapkan mengerjakan Tawaf berpengaruh atau beregu dan dibolehkan juga masing-masing pribadi yang merasakan ada kemampuan.

“Untuk dikelola secara Kloter 11 Padang tidak memungkinkan, karena banyaknya umat Islam ingin menyelesaikan prosesi rangkaian ibadah haji mereka,” ujar Muhammad Nur sebelum berangkat dari Mina.

Nampaknya sebagian dari Jemaah Haji Kota Pariaman tidak sabaran dan mereka sudah ada yang pergi ke Masjidil Harram menjelang waktu shalat magrib.

“Kami coba saja selesaikan dengan tenaga dan fisik “basilambek” mudah mudahan bisa melakukan rangkaian kegiatan ibadah ini jelang waktu tengah malam,” ujar H. Syofyan Jamal.

Ungkapan senada juga disampaikan Hj. Suarni Alif melakukan Tawaf sesudah shalat magrib di Masjidil Harram. Kesepakatan ini juga diambil bersama Ketua TPHD Kota Pariaman H. Mukhlis Rahman dengan Ketua Rombongan 7 H Maswar.

“Walaupun berbeda tetapi tujuan sama dengan target bisa melakukan ibadah Tawaf Ifadah jelang tengah malam,” tutur Suarni Alif yang diamini oleh H. Mantari Zunumar.

Menurut Mantari Zunumar semua ide bagus, tetapi kalau boleh saya minta bagaimana kalau sesudah shalat Isya. Artinya bisa lebih santai sedikit mengingat kesehatan saya agak sedikit menurun dari sebelumnya.

“Sebatas saran dan masukan kalau sepakat tetapi apabila kita tidak sepakat tentunya akan saya ikuti keputusan bersama,” tukuk Mantari Zunumar