Panjat Pinang Bagomok Meriahkan HUT-RI ke-73 di Nagari Satara Nanggalo Kecamatan Tarusan

TABLOID BIJAK (Pesisir Selatan)—Panjat batang pinang bagomok , balap karung, tarik tambang, dan makan kerupuk, merupakan kegiatan anak Nagari Setara Nanggalo Kecamatan Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) yang ke-73.

“Setiap HUT RI, selalu diadakan berbagai acara termasuk panjat pinang,” kata Wali Nagari Setara Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Suhaimi, ketika dihubugi, di kediamanya, Sabtu malam, 18 Agustus 2018.

Menurut Suhaimi, pemerintah nagari memberikan dana APBN sebesar Rp 3,5 juta untuk memperingati HUT-RI. “Kegiatan tidak hanya diikuti oleh anak nagari saja, tetapi ibuk-ibuk juga ikut serta dalam memeriahkan HUT-RI ini,” kata.

Sedangkan mengenai hadiah yang disiapkan, kata Suhaimi, ada yang berupa alat tulis, peralatan rumah tangga, dan uang tunai.”Kegiatan ini sengaja diadakan agar pemuda dan pemudi serta anak nagari bisa lebih semangat lagi dan mengenang jasa-jasa pahlawan atau mengingat para pejuang-pejuang dari masa lalu,” ujarnya.

Mengenai panjat pinang, kata Suhaimi lagi, bisa dikatakan kegiatan rutin yang diadakan oleh para pemuda pemudi atau anak nagari dalam menyambut HUT-RI.

Pada kesempatan tersebut, Walinagari Suhaimi juga menghimbau masyarakat untuk memasang bendera di depan rumah.”Kalau kita tinjau dari nilai bendera itu tidak seberapa, cuman masalah kesadaran, dan memahami arti dari HUT-RI yaitu bagaimana para pahlawan kita bekerja keras dalam memerdekakan negara ini,” ujar Suhaimi. (fardi)