Dua Rumah di Nagari Aia Gadang Pasbar Dilalap si Jago Merah

BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat)– Berselang waktu setengah jam Dua unit rumah kayu dan rumah semi permanen milik pasangaan Buyuang Unsu (56) dan Nina (65) warga, Jorong Durian Hutan, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) hangus di lalap sijago merah. Kejadian berawal sekira pukul 3.30 WIB dini hari membuat seluruh perabotan rumah tidak dapat di selamatkan.

“Benar kejadian begitu cepat hingga seluruh peabotan rumah tidak dapat di selamatkan, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,”kata Masyarakat setempat, Justika (45) bersama masyarakat lainnya pada media Bijakonline.com, Minggu 12 Agustus 2018.

Dikatakan, kejadian berawal sekira pukul 3.30 wib, diketahui warga api sudah mulai membesar yang tingginya mencapai 5 meter, sehingga masyarakat tidak mampu menjinakkan api yang terus membesar itu.

“Kita mengetahuinya api sudah membesar kita kewalahan memberikan bantuan pertolongan walaupun seadanya karena kita tidak dapat mendekat karena api begitu besar dan Panas,” katanya.

Dalam waktu bersamaan, dua unit armada Pemadam kebakaran dari Kabupaten dan Kinali sudah berada di lokasi kejadian untuk menjinakkan api. Anggota Damkar bersama Babhinsa dan Bhabinkamtibmas, Bribka, Dedi dan Koramil 02 Pasaman, Serka Jamil, Serda Dedi berbaur bersama masyarakat berusaha menjinakkan api yang terus membesar.

Alhasil dalam waktu yang singkat pihak Damkar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dibantu warga berhasil menjinakkan api, sehingga rumah yang bersebelahak kiri dan kanan selamat dari amukan sijago merah.

“Kita bersyukur berkat pertolongan yang di berikan pihak Damkar dan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat rumah yang bersebelahan yang jaraknya hanya 1 mete itu lolos dari amukan api,” katanya.

Sementara itu, Walinagari Aia Gadang, Junaidin pada media Bijakonline.com mengatakan dua unit rumah tersebut diantaranya rumah semi permanen milik pasangan Buyuang Unsu dan Marina habis total, sementara didalam rumah itu juga di huni Warni (59) Tunaini (40) dan anak anak mereka, diperkirakan kebakaran berasal dari Api Puntung rokok membakar kasur santai hingga mengakibatkan kebakaran.

“Kerugian kita perkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” katanya.

Ia menghimbau agar seluruh masyarakat selalu berhati hati baik di malam hari maupun saat meninggalkann rumah sehingga hal-hal seperti kejadian tersebut dapat di hindari. (Arafat)