TokoPerantau Minang Fahmi Idris Sarankan Pimpinan Civitas UNP Berorientasi Global

BIJAKONLINE (Padang)—Tokoh Perantau Minang, Fahmi Idris punya pesan khusus untuk para pimpinan civitas akademika Universitas Negeri Padang untuk mengiplmentasikan visi dan misi menjadi salah satu universitas unggul di Asia Tenggara. Ia berharap penyelenggaraan kelas internasional berbasis hasil kerjasama dengan universitas luar negeri.

“Salah satu universitas unggul di Asia Tenggara mesti diraih UNP dalam waktu yang tak lama lagi. UNP mesti meningkatkan kerja sama dengan kampus luar negeri dan memberlakukan penyesuaian-penyesuaian kurikulum,” kata Fahmi Idris di Ruang Sidang Senat Rectorate and Reseach Center, Jln Prof Hamka, Air Tawar, Padang.

Fahmi yan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yakin UNP yang dipimpin Rektor Prof Ganefri bisa merealisasikan visi dan misi UNP menjadi salah satu universitas unggul di Asia Tenggara dalam waktu yang tak lama lagi.

“Untuk mewujudkan visi dan misi UNP itu, Rektor UNP mesti bekerjasama dengan semua pihak. Bisa saja kerjasama dengan universitas Asia Tenggara, bisa juga dengan universitas negar-negara diluar Asia Tenggara,” ungkap Fahmi, yang menyarankan pimpinan UNP berorientasi ke masa depan dan global di abad 21 ini.

Diketahui, UNP berencana memberikan gelar Doktor Kehormatan kepada mantan Deputi Perdana Menteri Malaysia, Dato’Seri Anwar Ibrahim. Pertemuan Fahmi Idris dengan Rektor UNP, Prof Ganefri beserta anggota senat UNP untuk mematangkan pihak UNP dalam kajian kelayakan sosok Dato’ Seri Anwar Ibrahim sebagai penerima gelar Doktor Kehormatan.

“Memang kami lagi membahas kajian akademi, apakah sosok Anwar Ibrahim layak diberikan gelar Doktor Kehormatan. Untuk itu, kami gelar pertemuan khusus dengan Bang Fahmi, sekaligus meminta beliau sebabagi promotor,” ujar Prof Ganefri.

UNP juga mengupayakan agar dikenal di negara-negara Asia Tenggara, juga memberikan gelar Doktor Kehormatan kepada tokoh yang dikenal luas di negara-negara Asia Tenggara. Sosok Anwar Ibrahim adalah sosok pemimpin yang fenomenal dan berkarakter kuat dalam memajukan bangsanya. (Humas UNP/Agusmardi)