Gubernur Sumbar lepas 23 Siswa SMA-SMK Bertolak ke Sulsel

TABLOID BIJAK (Padang)—Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno melepas secara resmi keberangatkan 23 pelajar SMA dan SMK menuju Sulawesi Selatan, Jumat, 10 Agustur 2018, di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Keberangkatan siswa SMA dan SMK itu merupakan program dari BUMN peduli, ada PT. Bukit Asam dan PT DGR yang melakukan kegiatan pertukaran pelajar antara Sumatera Barat dengan Sulawesi Selatan.

“Kita lepas 23 orang pelajar SMA/SMK se-Sumatera Barat untuk berangkat ke Makasar besok, dan lusanya dari Makassar datang ke Sumatera Barat,” ujar Irwan Prayitno sembari melepas secara resmi.

Selama di Sulsel, kata gubernur, mereka akan diberikan pengenalan tentang budaya, daerah dan lainya, sehingga bisa mengenal nusantara, wawasan nasional kebangsaan, dan lainya selama seminggu. “Mudah-mudahan langkah ini bisa berikan nilai kebaikan bagi generasi muda untuk mengenal NKRI,” katanya.

Sedangkan untuk seleksi , disenyerahkan ke kota dan kabupaten melalui dinas pendidikan untuk memilih SMA/SMK di kabupaten 1 orang yang terbaik, cerdas, aktif dan memahami kesenian dan kebudayaan. “Hasil seleks terpilih 20 siswa dan 3 orang yang disabilitas,” kata gubernur.

Selain itu, Direktur Utama PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA Arvian Arifin menyampaikan, ini adalah program BUMN hadir untuk negeri, PTBA ditugaskan di Sumatera Barat.

“Kebetulan kami punya area kerja di Sawahlunto dan ini merupakan suatu hal yang harus kami lakukan, dan dengan adanya program ini kita harapkan adik-adik bisa lebih mengenal budaya nusantara,” ujar Arvian Arifin.

Arvian Arifin menyampaikan, mereka disana melakukan pertukaran budaya, kesenian, melihat adat istiadat dan lainya.

“Sehingga pulang nantinya mendapat wawasan, kesan, dan manfaat seperti apa saudara kita dengan suku yang beraneka ragam menjalani kehidupan,” ujar Arvian Arifin.

Arvian Arifin juga menyampaikan ada 20 siswa perwakilan dari seluruh Kabupaten dan Kota Sumatera Barat, serta 3 siswa disabilitas dari Sumatera Barat dan 2 siswa undangan dari muara enim Sumatera Selatan untuk ikut dalam kegiatan ini. (fardi)