Internasionalisasi UNP: Ruri Famelia Wisuda S3 di Ohio State University

BIJAK ONLINE (COLOMBUS)— Ohio State University (OSU), Colombus, Amerika Serikat mewisuda dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP), Ruri Famelia pada study tingkat doktoral (S3), Ahad (5/8), dengan gelar PhD, Doctor of Philosophy . Tidak hanya itu, Ruri Famelia sebelumnya juga menyelesaikan study tingkat S2, hal hasil Ruri Famelia MS, MA, PhD lulus dengan pujian (Cuemlude).

Dekan FIK UNP dua Periode, 2004-2011, Prof Syahrial Bakhtiar mengatakan, Ruri Famelia menimba ilmu di OSU saat dirinya menjadi narasumber pada Seminar Internasional Teaching And Learning Forum, dengan judul current issues on PE (Physical Education), Profesionalism in Indonesia USINTEC (Us-Indonesia Teacher Education Consortium pada 17 Oktober 2014, dimana sebelumnya Prof Syahrial Bakhtiar mengikuti Program Sandwich di OSU, Amerika Serikat.

“Berdasarkan hasil diskusinya dengan pembimbing doktoralnya Jacqueline D Goodway, disepakati Ruri Fameli melanjutkan studinya di Amerika Serikat,” ujar Prof Syahrial Bakhtiar, Wakil Rektor 4 UNP, Selasa (7/8).

Di Indonesia, perbedaan PhD dan Doktor menjadi penting karena universitas-universitas di Indonesia belum diakui secara internasional untuk menganugerahkan gelar PhD pada seseorang. Itu sebabnya gelar yang diberikan kalau lulus S3 dari universitas di Indonesia adalah Doktor, dan bukan PhD.

“Di FIK UNP baru Ruri yang gelar S3nya PhD, di Amerika Serikat lagi. Semoga ada yang lain menyusul, karena di OSU Pendidikan Olahraga top di dunia,” ujarnya.

Syahrial Bakhtiar menghadiri wisuda Ruri Famelia juga tidak sendirian, WR4 UNP ini didampingi dua guru besar FIK UNP, yakni Prof Dr Eddy Marheni dan Prof Dr Syafruddin serta Risky Syahputra, dosen muda UNP.

Akademisi FIK UNP, Ruri Famelia selama mengikuti study di Amerika Serikat didampingi suaminya dan sering juga berkomunikasi dengan salah seorang alumni FPOK IKIP/UNP, Tarmizi yang menetap di New York City.

Selama di OSU disertasi hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal internasional ataupun seminar internasional oleh Ruri Famelia berkisar tentang topik physical activity and motor skills development. (Humas UNP/Agusmardi)