HUT Kota Padang ke-249 Dimeriahkan Pawai Telong-Telong

TABLOID BIJAK (Padang)—Pawai telong-telong. Itulah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Padang yang ke 249, di Kawasan Taplau, Senin, 6 Agustus 2018.

Pawai telong telong yang mendapat sambutan meiah masyarakat Kota Padang tersebut dilepas langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Sementara Walikota Padang Mahyeldi menyebutkan, Pawai Telong Telong sengaja dilaksanaan di malam ini. “Historisnya, Telong Telong adalah sebuah obor yang dipakai oleh masyarakat Pauh ketika melakukan penyerangan terhadap loji VOC yang berada di Muaro,” katanya.

Kemudian, kata Mahyeldi, Telong Telong merupakan suatu taktik atau strategi yang dilakukan oleh masyarakat Pauh untuk melawan penjajah Belanda.

“Ini menunjukan kepada kita bahwasanya dalam keterbatasan peralatan, tapi kita mampu melakukan penyerangan terhadap Belanda, yang terjadi pada tanggal 6 Agustus malam yang bertepatan pada 1669 yang lalu,” ujar walikota.

Selanjutnya, kata Mahyeldi lagi, peristiwa ini dijadikan momen kebangkitan masyarakat Kota Padang untuk kemerdekaan dan terbebas dari antek-antek penjajah. “Jadi semnagat juang yang punya nilai sejarah ini kita jadikan sebagai hari untuk memeriahkan HUT Kota Padang,” ujarnya.

Sementra Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Medi Iswandi menyampaikan, biasanya hanya pawai Telong Telong, tapi hari ini ada kreasi-kreasi desainer baik komunitas maupun dari kecamatan untuk Padang karnaval.

Diakhir acara, dihibur oleh artis minang, Ipang dan Yen Rustam. (Ferdi