Catatan Tuanku Amiruddin dari Makkah (13): Jemaah Haji Kota Pariaman Tawaf Mengelilingi Ka’bah

Dengan menyebut, kalimah Alhamdulillah. Tepat 1.30 Waktu Arab Saudi, jemaah haji Kota Pariaman yang tergabung dalam kloter 11 Padang, selesai melakukan Umroh Tawaf mengelilingi Ka’bah dan Perjalanan Safa Marwa yang disudahi dengan bertahlul.

Setelah itu jemaah kembali ke hotel untuk beristirahat dan ada juga yang tidak pulang tinggal di Masjidil Al Harram, menunggu waktu shalat subuh. Karena sudah lelah dari melakukan ibadah Tawaf Umrah ke liling Ka’bah ada jemaah pulang dengan menyewa teksi.

Menurut Syofyan Jamal ketua Regu 26 Kloter 11 dari Kota Pariaman dari Masjidil Harram ke Hotel sewa taksi 50 riyal dengan jarak tempuh paling 1 kilometer.

“Kami tidak ada menawar dan setuju saja berapa dikatakan sopirnya dan lagi pula kami 6 orang, masing masing bayar 8 riyal,” ujarnya.

Bagi kami keselamatan badan mengingat lelah nya ibuk ibuk yang ikut bersama. Teman lain yang yang masih kuat fisiknya mereka memilih berjalan dari pada menyewa taksi.

Lain halnya dengan Zunumar dia terlambat pulang dari sebahagian jemaah disebabkan balik lagi ke dalam Masjidil Harram mencari jemaah yang ketinggalan termasuk mencari bendera yang hilang.

“Walaupun terlambat masih pulang sendirian dan yang dicari tidak pula ditemukan,” tutur Zunumar. (bersambung).