Catatan Tuanku Amiruddin dari Madinah (10): CHJ Kota Pariaman Tinggalkan Madinah

Jemaah haji Kota Pariaman yang tergabung dalam kloter 11 Padan g, masa tinggal nya di Madinah akan berakhir Minggu (5/8/2018). Setelah itu akan bertolak ke Tanah Suci Makkah Al Mukaromah.

Pembibing Ibadah Haji Kloter 11 Padang H. Muhammad Nur, mengintruksikan kepada ketua Rombongan dan Ketua Regu supaya menyampaikan kepada jemaah untuk mulai mengemas barang barangnya masing masing 6 jam sebelum berangkat koper besar sudah ada di lobby hotel. Tiga jam berikutnya koper besar dan tas tentengan sudah masuk bagasi. Dua jam sebelum keberangkatan seluruh jemaah sudah berada dalam bis.

“Sudah shalat subuh di masjid Nabawi langsung naik ke bis, jangan sampai ada yang tertinggal, ” ujar Muhammad Nur.

Diingatkan juga kepada jemaah laki laki untuk memakai pakaian Ihram di hotel, karena kita akan memulai mabit (memasa) niat Ihram di Bir Ali. Perjalanan ke Makkah Al Mukaromah mencapai 5 jam perjalanan.

Disampaikan kepada jemaah supaya selalu berusaha untuk menjadi jemaah yang mandiri dan jangan terlalu cepat pasrah. Sampai di Makkah sebelum melakukan Tawaf mengelilingi Ka’bah, masuk ke hotel dan setelah istirahat beberapa jam, baru melakukan ibadah Tawaf mengelilingi Ka’bah.

“Untuk Tawaf Umrah jemaah akan dituntun secara bersama sama dan masing masing Ketua Regu untuk dapat mengayomi anggota nya,” tutur Muhammad Nur lagi. (bersambung)