Pemprov Sumbar Bantu Nelayan di Padang Pariaman

TABLOID BIJAK (Pariaman)—Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan berupa mesin long tail 13,5 PK untuk nelayan di Kabupaten Padang Pariaman, di Kantor Camat Sungai Limau, Jumat, 3 Agustus 2018.

“Kami menyerahkan bantuan dari provinsi dengan harapan adanya peningkatan penghasilan,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Nasrul Abit menyampaikan, saat ini ada 42 ribu KK, mulai dari Pasaman Barat, Pesisir Selatan, dan termasuk Mentawai, dengan panjang pantai 600 KM, yang dihuni oleh 225 ribu nelayan.

“Kami membantu dari provinsi sangat terbatas, dan disini kami serahkan 19 buah long tail 13,5 PK,” ujar Mantan Bupati Pessel dua periode itu.

Biasanya, kata Nasrul Abit lagi, hanya dengan mesin 5 PK nelayan hanya melaut hingga 4 mil laut, dengan bantuan mesin 13,5 PK nelayan bisa melaut hingga 12 mil laut.

Sementara Kepala Dinas Kelautan Yosmeri menyebutkan, ada 19 unit mesin long tail 13,5 PK yang diserahkan kepada 3 kelompok di Padang Pariaman.

Kemudian, kata Yosmeri lagi, ada 40 mesin kapal yang akan dibagikan kepada nelayan di tahun 2018 ini baik itu mesin tempel maupun long tail.” Padang Pariaman kita serahkan 19 unit mesin long tail 13,5 PK dan setelah ini kita juga bagikan ke Pasaman dan Mentawai,” ujar Yosmeri.

Selain itu, Walikota Padang Pariaman Ali Mukhni menyampaikan, bantuan ini merupakan salah satu wujud kepedulian.

Ali Mukhni berharap dengan adanya bantuan ini agar para nelayan menjaga dan merawat, apalagi jangan sampai dijual.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh anggota DPRD Sumatera barat komisi II Siti Zakia Zati Aziz yang menyampaikan, bantuan ini hanya bisa diserahkan kepada kelompok nelayan yang memberikan proposal. (fardi)