KPPU Medan Didampingi Walikota Padang Sidak Pedagang Ayam di Pasar Raya

TABLOID BIJAK (Padang)—Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Medan, Ramli Simanjuntak di dampingi Walikota Padang Mahyeldi dan Sekretaris Koperasi Peternak dan Pedagang Ayam Kota Padang Rajabman, melakukan sidak persoalan ayam dan telur, di pasar raya, Rabu, 1 Agustus 2018.

Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Medan Ramli Simanjuntak menyampaikan, ayam dan telur ada yang kenaikan yang seknifikan selama 3 minggu belakangan ini.

Lanjutnya, biasanya persoalan ini sebelum ramadan tetapi ini setelah lebaran ada kenaikan telur dan ayam.

“Menurut kami KPPU sementara pakan sampai 100 hingga 200 perak saja perkilo naiknya, dan biaya produksinya tidak sebanding dengan kenaikan harga di pasar yaitu sampai 31 ribu perkilo,” ujar Ramli Simanjuntak.

Ramli Simanjuntak menyampaikan, Kota Padang dengan hasil sidak hari ini yaitu harga ayam perkilo sekarang 24 ribu sampai 25 ribu, dan telur masih siknifikan, 1500, 1600 yang tergantung besar dan kecilnya.

Selain itu, Walikota Padang Mahyeldi menyampaikan, ketika informasi dari pedagang ada kenaikan ayam dan telur yang siknifikan, dan barang yang tidak tersedia.

“Maka kita langsung berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mencek,” ujar Mahyeldi.

“Pada hari ini dengan upaya kita yang cepat, kita berhasil menurunkan harga dengan kesepakatan-kesepakatan, karena ada ketersediaan pasokan dan nanti kalau ada idikasi atau permainan pengaturan-pengaturan disana maka kita akan tindaklanjuti nantinya.

Mahyeldi juga menyampaikan, komunikasi yang terbangun antara pedagang dengan dinas terkait, sehingga bisa cepat mengantisipasi dan cepat mengambil langkah-langkah untuk itu. (fardi)