Icon Kirab Api Obor Asian Games 2018 di Lubang Japang

TABLOID BIJAK (Padang)—Kirab Api Obor Asian Games 2018 di Kota Bukittinggi yang dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir untuk mengawal arak-arakan api obor (torch relay) di Bukittinggi hari ini yang menggantikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dikarenakan kepadatan jadwal, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis, 2 Agustus 2018.

Menristekdikti Mohamad Nasir sudah sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sekitar pada pukul 09.15 WIB dan dijadwalkan menunggu api obor yang akan tiba pukul 10.00 WIB.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit Nasrul Abit menyampaikan, pertama pagi sekitar jam 09.30 menerima kedatangan Menristekdikti Mohamad Nasir yang awalnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani karena ada halangan.

Lanjut Nasrul Abit, sekitar jam 10.00 menunggu kedatangan api pon dari Pekanbaru, dan dilanjutkan makan siang.

Lebih lanjutnya, menuju kw Bukittinggi dan sampai di Bukittinggi sekitar jam 13.00 WIB, dan dibawa lari oleh Walikota, Wagub, kapolda, dan Menristek kunjungan ke lobang jepang dan panorama, termasuk ke rumah bung hatta.

Nasrul Abit juga menyampaikan, malam nanti akan ada kegiatan makan bersama silaturahim pembawa api obor di Istana Bung Hatta.

“Ikon kita adalah api pon masuk lubang jepang,” ujar Mantan Bupati Pessel dua periode ini.

Selain itu, Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho menyampaikan, keamanan dan berkoordinasi dengan stakeholder yang utamanya bersama AP II dan Kodim maupun Lanud.

Lanjutnya, Polri diberi kesempatan untuk mengawal torch relay dari BIM menuju Bukit, dan selama perjalanan diamankan oleh personel polri yang ada.

Rizki Nugroho juga menyampaikan, menggunakan personel 2 per 3 kekuatan, sekitar 200 sampai 300 orang untuk sepanjang jalur yang dilalui. (rel/fardi)