Catatan Amiruddin (6): Lima Hari CJH Kota Pariaman di Madinah Sehat Walafiat

Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Pariaman yang tergabung dalam Kloter 11 Padang, sampai hari kelima di Madinah, Kamis (2/8/2018), dalam kondisi sehat walafiat dan semua kegiatan ibadah, berjalan lancar dan sukses.

Ketua TPHD Kloter 11 Drs. H. Mukhlis Rahman, MM didampingi Ketua Rombongan 7 Drs. H. Maswar, MM mengatakan seluruh jamaah haji Kota Pariaman, belum ada yang terkendala ibadah nya ke Masjid Nabawi, untuk mengikuti shalat berjamaah setiap waktu.

Menurut Mukhlis Rahman, walaupun ada yang terserang sakit, hanya sakit PKU biasa, karena perbedaan cuaca Indonesia dengan Madinah yang mempunyai suhu panas.”Alhamdulillah, jamaah Kota Pariaman, belum ada yang melapor tidak bisa pergi ke Masjid Nabawi,” ujar Mukhlis Rahman.

Ditambah kan Maswar, umumnya jamaah Kota Pariaman, bisa mandiri dan belum ada kendala yang tidak bisa diatasi sendiri, kalau pun ada kendala, mereka bukanlah menganggap sebagai halangan untuk pergi ke masjid Nabawi. “Sebagai petugas kami selalu memantau dan mengawasi kondisi Jamaah Kota Pariaman,” tutur Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag Sumatera Barat.

Tim Pembibing Ibadah Haji Indonesia ( IPHI) Kloter 11 H. Muhammad Nur, mengatakan Jamaah Haji Kota Pariaman yang kepingin melakukan ziarah mandiri, ke Masjid Quba, kebun kurma, Jabal magnet dan lain sebagainya, akan difasilitasi khusus. Karena kesempatan untuk datang ke Masjid Quba tidak mudah. Sementara pahala bagi orang yang melakukan shalat sunat 2 rakaat di masjid Quba, sama dengan pahala Umrah.

“Kita buka kesempatan bagi yang bersedia saja dan ini biaya masing masing, ” tukuk Muhammad Nur yang juga Kankemenag Kota Pariaman.

Beberapa orang jamaah Kota Pariaman ketika ditanya terhadap kendala yang mereka hadapi selama di Madinah, umumnya mereka menjawab tidak ada kendala yang ditemukan, semua berjalan dengan lancar dan aman, ” ujar Zunumar, Dafreni Afdal, Kornida dan Suarni Alif disela sela sarapan pagi, Kamis (2/8/2018). ( bersambung)