Gubernur Sumbar Lantik  Adip Alfikri Jadi Kadispora 

BIJAK ONLINE (Padang) — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, melantik dan sekaligus mengambil sumpah pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat, di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat, Senin, 2 Juli 2018.

“Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017, ada dua ketentuan. Yang pertama usia untuk mencalonkan eselon II harus maksimal 56 tahun,” kata Irwan Prayitno.

Sedangkan yang kedua, kalau jabatan dari kota ke provinsi hitungnya lelang jabatan. Jadi, walaupun Adib Alfikri pegawai provinsi, tapi jabatan yang dipegangnya di kota dan itu sudah diusulkan ke ASN boleh atau tidak boleh dan akhirnya lelang jabatan.

“Kalau jovit itu lingkungan kita, dan ini nyaris juga Jefrinal Arifin karena di PP harus 2 tahun di jabatan tersebut, dan Jefrinal Arifin sudah 4 tahun di jabatan itu cuman judulnya berubah karena aturan PP Nomor 18 tahun 2016,” ujar Irwan Prayitno.

Kanapa jovit, karena Rosman Efendi sudah 7 tahun dan Jefrinal Arifin sudah 4,5 tahun, penyegaran mungkin, dan tentunya ada penilaian dari pimpinan juga.

Irwan Prayitno menyampaikan jabatan adalah amanah dan untuk itu capailah target dan berkinerjalah.

Lanjutnya, yang dilantik memang yang dipercaya, untuk itu bersungguh-sungguhlah dalam bekerja dan cepat laksanakan program kegiatan. “Kita menginginkan ada perubahan dengan adanya pejabat yang baru,” ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno juga menyampaikan pejabat eselon II jangan mati karancakan. “Mati karancakan maksudnya karena dirinya merasa hebat jadi eselon II, padahal prestasi biasa-biasa saja, nilai pas-pasan sedangkan dibawahnya hebat-hebat, kalau saya suruh eselon II bukan dia yang kerjakan tapi eselon III yang mengerjakan,” ujar Irwan Prayitno.

“Kanapa dia merasa hebat karena dia sudah lama menjabat dan merasa dirinya tidak tergantikan,” ujar Irwan Prayitno lagi.

Irwan Prayitno melantik Adib Alfikri sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat (Eselon II.a) yang dulunya Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Padang (Eselon II.b).

Kedua, Rosman Efendi sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat (Eselon II.a) yang dulunya staf ahli bidang pembangunan, kemasyarakatan dan sumber daya manusia (Eselon II.a).

Ketiga, Dr. Jefrinal Arifin sebagai staf ahli bidang pembangunan, kemasyarakatan dan sumber daya manusia (Eselon II.a) yang dulunya kepala badan pengembangan sumber daya manusia Probinsi Sumatera Barat (Eselon II.a). (fardi)