Gubernur Sumbar Hadiri Seminar Teaching With Love di UNP

BIJAK ONLINE (Padang) — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menghadiri seminar nasional dengan thema Teaching With Love, di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Senin, 2 Juli 2018.

“Cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut,” kata Irwan Prayitno.

Menurut Irwan, murid yang di didik dengan rasa cinta dan kasih sayang juga akan memberikan cinta dan kasih sayang pada lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Kemudian, kata Irwan Prayitno, kewajiban seorang pendidik yang mengajar dengan cinta yaitu, menaruh kasih sayang terhadap anak didik dan memperlakukan mereka seperti anak sendiri, tidak mengharapkan balas jasa atau ucapan terima kasih, memberikan nasehat kepada anak didik pada setiap kesempatan, mencegah anak didik dari suatu akhlah yang tidak baik.

“Berbicara kepada anak didik sesuai dengan bahasa dan kemampuan mereka, jangan menimbulkan rasa benci kepada anak didik terhadap cabang ilmu yang lain, berikan penjelasan yang jelas dan pantas kepada peserta didik, dan mengamalkan ilmunya dan sesuaikan perkataan dan perbuatan,” kata Irwan Prayitno.

Selanjutnya, perilaku yang perlu dikembangkan guru untuk menunjukan kepedulian kepada peserta didik yaitu, mampu untuk mengurangi kecemasan, ada keinginan untuk mendengarkan, menghargai perilaku-perilaku yang pantas, menjadi seorang teman, dan menggunakan kritikan secara tepat. “Kualitas mengajar yang baik terletak pada kualitas respon guru kepada siswa dalam interaksi belajar mengajar,”. (fardi)