Gubernur Sumbar Buka Olimpiade Sains Nasional 2018 di UNP

BIJAK ONLINE (Padang) — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, secara resmi membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018, di Auditorium Universitas Nageri Padang (UNP), Senin, 2 Juli 2018.

“Olimpiade Sains Nasional (OSN) bukanlah sembarangan olimpiade, tapi menjadikan suatu ajang, tempat, wadah, bagi para siswa untuk mengembangkan, mengaktualisasikan diri dan potensinya,” kata Gubernur Sumbar.

Menurut Irwan Prayitno, OSN tidak hanya bermanfaaat bagi para siswa, tapi juga bermanfaat bagi para guru untuk meningkatkan ilmunya yang berguna bagi mendidik anak-anaknya.

“Ajang OSN ini memberikan motifasi kepada kita agar lebih berpresrasi lagi dan untuk terus meningkatkan kemampuan kita, juara adalah hasil dan yang paling penting kita berusaha, dan juara merupakan urasan kedua, tapi berprestasi urusan pertama,” ujar Irwan Prayitno, sembari menambahkan, sebagai tuan rumah kami juga menginginkan mendapat juara dan bahkan untuk juara umum.

Kepada para peserta OSN, gubernur memberikan apresiasi dan bangga karena para siswa merupakan kader-kader bangsa, untuk menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia kedepan. “Untuk itu bertandinglah secara sportif,” ujar dewan syuro PKS ini.

Selain itu, Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM melaporkan penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018.

Burhasman menyampaikan Olimpiade Sains Nasional (OSN) kali ini adalah OSN yang ke-17 yang merupakan agenda tahunan.

Lanjutnya, OSN akan dilaksanakan pada tanggal 1-7 Juli 2018. Peserta OSN adalah Siswa dari SD, SMP dan SMA baik negeri maupun swasta.

Burhasman mengatakan keseluruhan peserta OSN berjumlah 1.433 siswa, terdiri dari tingkat SD sebanyak 272 siswa,SMP sebanyak 396 siswa, dan SMA sebanyak 765 siswa.

Lanjutnya, total parsipan jika ditambah dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah adalah sebanyak 2.159 orang.

Burhasman juga menyampaikan pserta OSN akan berlaga dalam 11 bidang lomba yaitu Matematika, IPA, IPS, Informatika/Komputer, Kimia, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi dengan memperebutkan 420 medali dengan 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.

Burhasman mengatakan lokasi lomba tersebar di beberapa tempat di Kota Padang dan sekitarnya, lokasi untuk tingkat SDN di SD 03 Alai untuk IPA, SDN Ujung Gurun untuk Matematika. Lakasi untuk tingkat SMP, untuk IPA dan Matematika di SMPN 8 Padang, dan IPS di UNP.

Sedangkan lokasi untuk tingkat SMA, untuk Kimia dan Geografi di SMAN 1 Padang, Asronomi dan Kebumian di SMAN 2 Padang, Biologi di SMAN 3 Padang, Fisika di SMAN 10 Padang, Matematika di SMK PP N Padang, Komputer di SMKN 2 Padang, dan Ekonomi di SMKN 3 Padang. (fardi)