Sekda Sumbar Pimpin Tim Safari Ramadhan ke Masjid Ushuluddin Pasar Usang

BIJAK ONLINE (Padang Panjang) — Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Masjid Ushuluddin di Pasar Usang Padang Panjang, yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Barat Ali Asmar, Senin 4 Juni 2018.

Rombongan Tim safari ramadhan Provinsi Sumatera Barat ketika sampai di Padang Panjang disambut oleh Pjs Walikota Padang Panjang Irwan.

Dalam sambutanya Ali Asmar menyampaikan menyangkut dengan perkembangan terakhir Sumatera Barat, pembangunan, dan lainnya.

Padang Panjang jadi salah satu kota yang melaksanakan Pilkada di Sumatera Barat, ada 4 yang Pilkada tahun sekarang, Dari 4 daerah tersebut masih dalam rangka persiapan pilkada.

“Yang kita inginkan pelaksanaan pilkada adalah pilkada badunsanak, maksudnya agar suasana kebatinan pilkada nanti tenang, dan damai,” ujar Ali Asmar.

Ali Asmar menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih untuk mamilih walikota yang akan memimpin 5 tahun ke depan.

“Tentu yang kita harapkan yang dipiliah yang sesuai hati nurani kita, karena pilihan nanti akan mempengaruhi bagaimana pembangunan daerah 5 tahun ke depanya dan tentu kita ingin memilih sesuai dengan pilihan kita masing-masing, kami di Provinsi dan Pemko, sifatnya hanya memfasilitasi dalam rangka melaksanakan demokrasi sehingga pilkada berjalan dengan baik,” ujar Ali Asmar.

“Yang dikhawatirkan pemerintah yaitu banyak suara yang tidak dimanfaatkan untuk memilih sesuai pilihannya, maka dari itu ikutilah dan datanglah ke TPS gunakan hak pilih kita,” himbauan Ali Asmar.

Ali Asmar juga menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) salah satu syarat yaitu tidak boleh mendukung atau sebagai tim kapanye pada salah satu calon.

ASN harus bersifat netral jangan ada kecenderungan mendukung salah satu pihak, kalau ada yang melaporkan dan ada buktinya melanggar dan akan mendapatkan sangsinya.

Untuk PNS yang tidak netral sangsinya berat, paling ringan pangkat atau jabatan diturunkan dan lebih dari itu bisa diberhentikan kalau memang terbukti nyata sebagai salah tim pendukung kampanye.

Selain itu, senada juga disampaikan Walikota Padang Panjang Irwan menyampaikan pilkada sudah makin dekat yaitu pada 27 juni, tentu bapak ibu sudah ada pilihan dalam hatinya siapa yang akan dicoblos.

Sekarang tidak ada ASN yang ikut politik, kalau ada bapak ibu lihat, laporkan ke Panwaslu, dan akan diurus sampai pusat.

“Pada pilgub 2013 hanya ikut memilih 46,47% dari 35751 total pemilih terdaftar di Padang Panjang, artinya yang memilih hanya sekitar 15 ribuan lebih, dan untuk Pilwako, 60% dan target kita tahun ini, partisipasi sampai 75%,” ujar Irwan zembari menambahkan oleh karena itu kami berharap pada pilkada nanti bapak ibu berbondong-bondong memberikan suara di Pilwako nanti ada 97 Tempat Pemilihan Suara (TPS).