Wagub Sumbar Bersafari Ramadhan ke Masjid Raya Usatum Hasanan Nagari Punggasan

BIJAK ONLINE (Pesisir Selatan) — Tim safari ramadhan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit sengaja melakukan kunjungan ke Masjid Raya Uswatun Hasanah, Nagari Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu 3 Juni 2018.

“Mengawali sambutan saya menyampaikan tujuan pertama kami adalah bersilaturahim,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Nasrul Abit menyampaikan jalan ke Pesisir Selatan sekarang sudah bagus dan ini merupakan permohonan pada tahun 2017 saat gempa dulu.

Permohonan ada 3, pertama, tolong dibangun rumah tidak layak huni atau rumah yang hancur kena gempa, kedua, tolong jalan negara di perbaiki, ketiga, tolong kota terpadu mandiri di silaut, dan sudah selesai.

“Sekarang saya memonitor bagaimana penyelesaian jalan dari tarusan ke mandeh dan terus ke padang dan mudah-mudahan 2019 selesai,” ujar mantan Buapti Pessel dua periode itu.

“Kalau seandainya ada macet, kami bisa bantu dengan bantuan keuangan khusus yang biasanya disalurkan melalui anggota DPRD. Untuk itu, mudah-mudahan pemilu kita pilih ada orang kita, dan kita bisa salurkan bantuan keuangan khusus,” ujar Nasrul Abit.

Lanjut Nasrul, seperti jalan kabupaten, provinsi tidak boleh membiayai kecuali bantuan keuangan khusus bisa. “Jadi, kami ada keja sama dengan bupati, MoU kerja sama pembangunan, kami setiap tahun di Januari singkronisasi, jadi mana yang skala prioritas selain dari bupati yang kami bantu dari provinsi,” ujar Nasrul Abit lagi.

Nasrul Abit juga memikirkan SMA dan SMK yang sekarang kewenangan Provinsi akan kami perbaiki semua, sekarang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMK sudah 99%, untuk SMA 87%, SMP se-Sumbar 48%.

“Apabila anak-anak kita ingin masuk universitas jangan ambik yang akreditasinya C, karena percuma, tidak akan bisa diterima dimanapun pada saat dia bekerja,” ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga menyampaikan sekarang narkoba luar biasa. “Saya pesan kepada anak-anak yang pulang dari rantau jangan dibawa kekampung kita narkoba ini, kebanyakan dari mereka yang gagal dari rantau pulang kekampung bawa narkoba, kalau sudah terkena narkoba sel-sel akan rusak dan terkena penyakit,” ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit menceritakan pada saat menjadi bupati pertama ditahun 2006. “Saya meminta dokter untuk ke Pesisir Selatan, dan apa kata Kadis kesehatan tidak ada yang mau ke pessel karena ada racun, dukun dan sigundai,” ujar Nasrul Abit sembari menambahkan dan pada saat itu saya harus bangkitkan daerah ini dan agar saya keluarkan dari Kabupaten tertinggal dan saya akan lihatkan kepada orang bahwa tidak benar apa yang disampaikan.

Mengakhiri kegiatan safari ramadhan dilaksanakan penyerahan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan oleh Nasrul Abit selaku ketua tim 2 safari ramadhan Provinsi Sumatera Barat untuk masjid Ukwatul Hasanah berupa uang sebesar 20 juta, 20 Al-qur’an dan kain sarung, dan mudah-mudahan bermanfaat.