Wagub Sumbar Kunjungi Masjid Taqwa Jorong Laring Nagari Nan Tujuh Agam

BIJAK ONLINE (Agam) — Tim Safari Ramadhan yang dipimpin Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit sengaja melakukan kunjungan ke Masjid Taqwa, Jorong Laring, Nagari Nan Tujuh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Jumat, 1 Juni 2018.

“Tujuan pertama kami adalah untuk bersilaturahim, dan malam ini bertempatan dengan peringatan Nuzul Qur’an,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Nasrul Abit menyampaikan masyarakat Jorong Lariang yang suka bergotong-royong dan kompak, dan rasa persatuan dan kesatuan serta rasa kekeluargaan, kebersamaan perlu menjadi landasan kuat dalam membangun demokrasi bangsa.

Selanjutnya, masyarakat Jorong Lariang di Masjid Taqwa Dahlan Jambek ini telah memberikan gambaran kekompakan dan silaturrahmi yang terjalin sangat akrab sekali.

“Tim kami hari ini bangga dan senang atas dukungan dan keikutsertaan memajukan pembangunan daerah baik di Kabupaten maupun di Provinsi,” ujar Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, aspirasi masyarakat Jorong Lariang soal pembangunan jalan desa yang menghubungi antar setiap potensi di jorong Lariang sekitarnya telah mendapat perhatian dari Pemkab Agam, mudah-mudah tetap berlanjut secara bertahap 2019 – 2020.

“Kami juga akan mensuport dan dukungan pembangunan tersebut, segera akan dibahas dalam Dana Alokasi Khusus (DAK),” ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit menyampaikan agam adalah sekarang salah satu dijadikan gerakan nagari madani. “Pendidikan agama bisa mendidik anak-anak kita dengan jaman yang begitu moderen saat ini, kalau tidak ada pendidikan karakter dimulai dari agama maka kita akan sia-sia,” ujarnya.

Kemudian kata Nasrul Abit, kini kamajuan teknologi seperti handpone, telah merusak generasi muda. “Untuk itu saya berpesan kepada anak-anak gunakanlah Handpone itu untuk kegiatan positif, untuk belajar, dan untuk mencari ilmu pengetahuan,” tegasnya.

Begitu juga dengan narkoba. “Kini bagaimana kita bisa ikut pula memberantas narkoba, bersama pihak kepolisian yang sudah bekerja semaksimal mungkin, tapi narkoba masih menjadi-jadi, untuk itu saya mengharapkan kepada anak-anak yang ada di Jorong Laring untuk membentengi dan menjauhi narkoba karena narkoba merusak kita,” ujar mantan bupati Pessel dua periode ini.

Nasrul Abit juga menyampaikan akhir-akhir ini sering terjadi radikalisme pembunuhan, bom dimana-mana. “Untuk itu saya berpesan kepada masyarakat jorong laring, jalau ada orang lain masuk kedaerah kita harus ditanya asal usulnya, dimana kerjanya dan apa tujuanya,” ujar Nasrul Abit.

Selain bersilaturahmi, Nasrul Abit sebagai ketua rombongan tim safari ramadhan juga menyerahkan bantuan uang 20 juta, 3 tikar, 20 Al-Qur’an dan kain sarung, dan mudah-mudahan bermanfaat untuk Masjid Taqwa Dahlan Jambek, Jorong Laring, Nagari Nan Tujuh, Kecamatan palupuah.

Selain itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria mengucapkan selamat datang kepada tim safari ramadhan Pemerinrah Provinsi Sumatera Barat dan rombongan yang di ketuai oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Agam saat ini tengah mendorong berbagai program pembangunan. Seperti pembangunan jalan jorong dan desa sudah masuk dalam program pembangunan jalan tahun 2019 jalan sampai jembatan. Kegiatan hanya dapat dilakukan secara bertahap karena anggaran APBD Kabupaten Agam amat terbatas.

Pemerintah Kabupaten Agam sudah masuk tahun kedua menjalani program nagari madani, ada dana 200 juta untuk lompatan bagi nagari madani yang berprestasi. Nagari madani memiliki ciri-ciri masyarakat memiliki kepribadian yang qur’ani ditengah tengah kehidupan masyarakat dalam nagari.

Bulan Ramadhan merupakan momentum percepatan pembangunan Nagari Nan Tujuah, mari majukan pusat ibadah, pusat pendidikan karakter masyarakat dan dengan gotong-royong semua kegiatan dalam memajukan nagari.

Dalam kesempatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Trinda Farhan Satria, Kadis Perikanan, Kadis Pariwisata, Kadis PSDA, Dinas Kesehatan, Bappeda, Biro Binamental, Biro Humas, beberapa OPD dilingkungan Pemkab Agam. (fardi)