Shalat Tarwih di Masjid Raya Kampung Baru Pariaman Tengah Penuh Sesak

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Malam pertama shalat sunat Tarwih di Masjid Raya Kampung Baru, Pariaman Tengah Kota Pariaman, jema’ah penuh sesak dan melimpah sampai ke teras luar masjid, Rabu (16/5/2018).
Masjid Raya Kampung Baru diperkirakan bisa menampung jamaah sampai 1000 orang, pada malam pertama ruangan masjid terasa kecil, sehingga banyak jemaah yang shalat di teras luar masjid.

Penceramah ustazd Muzakar, S.Ag Tuanku Sutan, mengingatkan kepada jemaah, pada awal malam Ramadhan ini, sebagai umat Islam yang akan melaksanakan ibndah puasa pada siang hari, wajib terlebih dahulu memasang niat berpuasa pada malam hari.

“Apabila tidak memasang niat, berati puasa yang kita laksanakan tidak sah. Pasalnya, rukun puasa itu hanya dua, berniat dan menahan makan dan minum pada siang hari,” ujar Muzakar.

Ketua Masjid raya Kampung Baru, Drs. H. Basyaruddin, mengingatkan kepada jemaah, bagi yang membawa kendaraan baik roda dua atau pun roda empat, pastikan dalam kondisi terkunci, supaya kendaraan kita aman dari maling kendaraan.

“Kita tidak menginginkan ada jemaah yang mengaku kehilangan setelah selesai shalat, makanya masing-masing kita menjaga kendaraan masing-masing,” tutur Basyaruddin.

Sekretaris Masjid Raya Kampung Baru, Rasyid, SE, MM melaporkan pada malam poertama terkumpul infak jemaah, Rp. 2 juta rupiah lebih, berasal dari ketiding dan sumbangan donatur untuk sedekah ustazd pada malam hari dan subuh.

Disamping itu, Pengurus juga menghimbau jemaah menyumbang untuk pembelian tikar dengan harga Rp. 500 ribu rupiah permeter dan yang dibutuhkan lebih dari 400 meter dengan total anggaran untuk beli tikar Rp. 200 juta lebih.
“Insha Allah, tikar baru sudah sampai di masjid, tinggal lagi mencari waktu yang tepat untuk memasangnya,” ucap Rasyid menambahkan. (amir)