Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar Resmikan Pelayanan Berbasis Tehnologi di Lubuk Sikaping

BIJAK ONLINE (Pasaman)—Pengadilan Negeri Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, melalui ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Husni Rizal meresmikan Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta inovasi layanan berbasis teknologi dan informasi untuk para pencari keadilan, Selasa (15/5).Di kantor Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping .

“Dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu selain masyarakat, para pencari keadilan akan mudah urusannya dan waktu mereka juga lebih cepat,” kata Husni Rizal.

Disebutkan, keberadaan PTSP ini akan mewujudkan terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat. Selain itu, kata dia, juga memperkuat kerjasama antara PN Lubuksikaping dengan Pemda Kabupaten Pasaman semakin baik.

“Baik perkara perdata maupun pidana bisa dilayani di PTSP ini. Kita ingin mewujudkan bagaimana supaya peradilan ini berubah menjadi peradilan yang agung, sesuai dengan apa yang menjadi visi misi dari pada Mahkamah Agung,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan aplikasi secara on line untuk memudahkan masyarakat dalam mengajukan gugatan ke pengadilan, tanpa harus mendatangi pengadilan.

Bahkan, kata dia, dengan aplikasi untuk mengajukan gugatan secara online tersebut, masyarakat dapat mengetahui berapa biaya sidang dari perkara yang diajukan.

“Jadi, semua transparan. Tidak ada lagi bayar-bayar di bawah meja, dengan sistem terbaru kini. Masyarakat yang mengajukan gugatan bisa menentukan besaran biaya gugatan dan semua disetorkan ke bank,” katanya.(Fauzan)