Pemko Pariaman Adakan Pelatihan Pengamanan Pilwako 27 Juni 2018

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Untuk persiapan dan pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah Kota Pariaman, 27 Juni 2018 mendatang, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Pemadam Kebakaran sengaja melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas), Selasa, Mei 2018, di Aula Islamic Center Kp. Baru Pariaman. Pelatihan diikuti sekitar 310 peserta.

“Pelatihan ini memiliki arti penting karena selain untuk peningkatan kapasitas serta pembekalan keterampilan dasar bagi anggota linmas/dubalang,” kata Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman.

Menurut walikota, pelatihan ini juga menciptakan tenaga-tenaga pengamanan yang terlatih dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat, khususnya dalam menghadapi Pilwako 2018. ” Keamanan bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab dari linmas atau dubalang saja, tetapi juga memerlukan peran serta seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Kemudian, kata walikota, kesuksesan dan keberhasilan Pilwako 2018 akan terwujud bila ada kerjasama dan koordinasi yang bari semua pihak.

Mukhlis Rahman berharap kepada peserta, agar pelatihan diikuti dengan serius dan sungguh-sungguh. Sehingga setelah diadakan pelatihan ini, peserta pelatihan akan lebih memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota linmas/dubalang di Kota Pariaman, terkhusus untuk persiapan menghadapi pemilikada tahun 2018.

Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Handrizal Fitri, peserta kegiatan ini yaitu Satlinmas Desa/kelurahan se-Kota Pariaman dimana tiap desa/kelurahan mengirimkan anggota Linmas yang akan ditugaskan untuk menjaga keamanan di masing-masing TPS sebanyak 2 orang per TPS. “Menurut data KPU jumlah TPS di Kota Pariaman berjumlah 155 TPS, sehingga peserta dalam kegiatan ini berjumlah 310 orang,” terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 8 s/d 9 Mei 2018, adapun narasumbernya berasal dari Kodim 0308, Polres Kota Pariaman, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Satpol PP Kota Pariaman.

Handrizal berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan motivasi anggota satlinmas untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum di desa maupun kelurahan masing-masing mereka bertugas sehingga terciptanya proses pilkada yang aman dan tertib pada bulan Juni mendatang. “Kepada kepala desa maupun lurah diminta agar tidak ada perubahan lagi terhadap anggota Linmas yang akan ditugaskan menjaga keamanan di TPS nantinya”, tutupnya. (ira/amir)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *