TMMD ke-101 Kodim 0310 Sijunjung Gelar Bimbingan Teknis Budidya Perikanan

BIJAK ONLINE (Sijunjung)—Kegiatan non fisik Satgas TMMD ke 101 Kodim 0310/SS, menggelar kegiatan bimbingan teknis budidaya perikanan bersama Dinas Pangan dan Perikanan, Kabupaten Sijunjung, bertempat dibadan Permasyarakatan Nagari Sibakur, Senin, 23 April 2018.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walinagari Sibakur, Syafris Dubalang Arab, Kapten lnf, Jufri sebagai ketua Kordinator penyuluhan, Sertu K Gunter, Babinsa Koramil/09 Tanjung Gadang, Jumartias Kasi Produksi dan Pakan Budidaya, Ir Sutarto Kabid Produksi, Feni Arifin, Kasi Keanekaragaman, Rahmad Iswayudi, Penyuluh Perikanan Pertama Kabupaten Sijunjung, dan Kelompok Tani Budidaya Ikan dan masyarakat kelompok tani wanita dengan dasa wisma.

Menurut Kapten Inf Jufri, momen ini sangat berharga kepada masyarakat Nagari Sibakur, khususnya berkaitan dengan TMMD ke 101, karena jarang-jarang dapat penyuluhan dan momen seperti ini. “Untuk itu mari kita manfaatkan momen bimbingan ini sebaik-baiknya untuk menambah ilmu kita sebagai beternak dan perikanan,” kata Kapten Inf Jufri dalam kata sambutanya.

Kemudian, kata Kapten Inf Jufri, dengan ada bimbingan ini, otomatis masyarakat mendapatkan bibit ikan dan pakan ikan. “Sebagai penerima bantuan harus pro-aktif dan mau berugi untuk membersihkan kolam kita sendiri, soalnya kalau kolam kita sudah bersih tentu orang yang memberikan bantuan juga senang,” katanya.

Selanjutnya dengan adanya bimtek ini, kata Kapten Inf Jufri lagi, harus diikuti dari awal sampai akhir dan jangan setengah-tengah. “Soalnya Bimtek ini harus diikuti dari awal sampai akhir, sehingga ilmunya juga bermanfaat bagi kita,” ungkapnya.

Sementara lr Sutarto Kabid Produksi juga menjelaskan tiga persoalan pokok. Yang pertama persoalan untuk meningkatkan sumberdaya masyarakat yang menerima bantuan. Yang kedua bisa memberikan ilmunya kepada yang lain terutama memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayuran. Yang ketiga memanpa’atkan kalau sumber airnya cukup untuk budidaya perikanan yang ada diNagari Sibakur yang berhubungan dengan kegiatan TMMD ke 101 Kodim/SS.

Kemudian, Sutarto, masyarakat juga bisa memanfaatkan sungai-sungai untuk lubuk larangan sehingga nanti masyarakat Nagari Sibakur bisa meningkat kesejahteraan terutama pendapatan masyarakatnya.

Selanjutnya, kata Ir Sutarto, tersedianya gizi keluarganya, disampingnya itu juga harapannya produksi ikan yang ada di Sibakur bisa mencukupi didaerah Sibakur dan termasuk pekarangan sayur-sayuran sehingga tidak mengandalkan dari luar. “Kita harapkan masyarakat bisa mengerti, dan paham setelah mendapatkan bantuan dan bimbingan teknis, terutama teknis budidaya ikan, sehingga masyarakat bisa ke arah budidaya ikan yang baik. Sedangkan dipekarangan rumah bisa menanam sayuran dengan baik,” katanya.

Setelah acara Bimtek dilaksanakan dilanjutkan pemberian bibit cabe rawit,bibit kangkung, bibit pitulo, bibit cabe keriting, bibit pepaya, bibit pario, bibit bayam dan polibeg secara simbolis kepada Kapten lnf Jufri dari Ir Sutarto Kabid produksi kegiatan ini berjalan dengan lancar dan khidmat. (relis)