Wali Nagari se-Kecamatan VII Koto Raya Adakan Pertemuan Silaturahmi

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Wali Nagari se Kecamatan VII Koto Raya (7 koto lama) adakan pertemuan silaturahmi, untuk menjalin perastuan dan kesatuan, dalam rangka menyatukan visi dan misi dalam memajukan dan meningkatkan pembangunan dalam kecamatan tersebut.

Pertemuan yang digagas Wali Nagari Batu Kalang H. Jamarusti itu, mendapat sambutan hangat dari seluruh wali nagari dalam Kecamatan VII Koto dan digelar di Kantor Wali Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Rabu (18/4/2018), juga dihadiri 3 orang Camat, masing-masing, Camat VII Koto, Marimpi Noor, Camat VII Koto Patamuan, Imran Rafi’i dan Camat VII Koto Padang Sago, Drs. Zaldi Arnas, MM.

Salah seorang Tokoh Masyarakat VII Koto, Nusyirwan Nazar mengatakan, pertemuan wali nagari ini se Kecamatan VII Koto lama ini, hendaknya dapat ditindak lanjuti dengan membuat forum wali nagari, guna menyatukan pokok pikiran, dalam rangka kemajuan daerah kita pada masa mendatang.

Menurut Nusyirwan Nazar yang perlu dipikirkan, untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang sudah diambang pintu, karena untuk memajukan pembangunan pada masing-masing nagari, harus ada perwakilan yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten, Provinsi dan DPR RI serta DPD RI.

“Tanpa didukung dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), mustahil kita bisa membangun, karena dalam penyusunan anggaran, andil dari anggota perwakilan rakyat sangat dominan,” ujar mantan wali nagari 3 priode itu.

Ketua Forum Wali Nagari Kabupaten Padang Pariaman, H. Zul Hendrayani, menyampaikan setiap nagari harus mencalonkan anak nagarinya, menjadi calon Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman pada setiap kecamatan ada calon untuk tingkat Sumbar dan satu calon buat anggota DPR RI dan DPD RI.

Menurut Zul Hendarayani, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 3 Kecamatan itu, berkisar 31 ribu suara, dalam hitungan sementara kalau masyarakat mau menyalurkan suaranya dalam Pemili 2019 nanti, kemungkinan untuk DPRD Kabupaten Padang Pariaman bisa duduk perwakilan kita 7-8 orang dan untuk Provinsi Sumbar 1-2 orang dan begitu juga untuk DPR RI bisa duduk 1 orang.

“Apabila hitung-hitungan ini tembus, baru Kecamatan VII Koto yang sudah terpecah menjadi 3 kecamatan ini bisa bangkit dalam memajukan pembangunan pad asetiap nagari,” tutur Zul Hendarayani.

Camat Padang Sago, Drs. Zaldi Arnas, MM dalam sambutannya mengatakan, sebagai pejabat kecamatan perpanjangan tangan Bupati Padang Pariaman, sangat mendukung ide dan gagasan yang dikemukakan Nusyirwan Nazar, H. Zul Hendrayani, dalam menyatukan visi dan misi dalam memajukan pembangunan di daerah ini.
“Bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh, sudah sepantasnya digalang dari sekarang, pertemuan dan silaturahmi sesama wali nagari dan pemuka masyarakat di Kecamatan VII Koto yang sudah menjadi 3 kecamatan ini,” ucap Zaldi Arnas.

Ikut memberikan sambutan Camat VII Koto Masrimfi Noor. Acara juga diisi dengan perkenalan seuluruh peserta yang hadir dari 24 nagari dalam 3 kecamatan itu, umumnya mereka hadir dan sepakat, membulatkan tekad untuk kemajuan nagari masing-masing. (amir)