Tingkatkan Kreatifitas, Kader PKK Payakumbuh Gelar Pelatihan Masak Ikan

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Untuk meningkatkan kreatifitas dan keterampilan Kader PKK, Pemerintah kota  Payakumbuh bekerjasama dengan Pengurus Forikan menggelar pelatihan masak serba ikan di ballrom Bakinco Resto and Swimmingpool baru batu ini.
Acara tersebut menghadirkan chef profesional, H. Ahmad Azhari dari Akademi Pariwisata Bunda Bukittinggi. Kegiatan itu diikuti sebanyak 20 kader PKK kota Payakumbuh dan dibuka resmi Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Perikanan, Betri Yetti. Kegiatan ini juga ditinjau langsung Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Hj. Henny Riza Falepi.
Pada kesempatan tersebut, Kabid Perikanan Betri Yetti mengharapkan peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan maksimal agar berhasil guna. Kita sengaja mendatangkan chef profesional dari Bukittinggi guna melatih kader PKK kota Payakumbuh yang sekaligus terlibat dalam kepengurusan Forikan, baik di tingkat kota maupun kecamatan dan kelurahan. 
“Harapan kita dengan pelatihan yang dibiayai dengan APBD ini adalah bagaimana kader PKK kita dapat meningkatkan kreatifitas dan keterampilan memasak serba ikan. Walau secara manual kita telah bisa memmasak dalam rumahtangga, namun tujuan utamakegiatan ini adalah bagaimana kreasi ini nantinya dapat menjadi kuliner berharga, serta dapat meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga,” jelas Betri Yeti.
Sebelum melakukan praktek masak serba ikan yang bisa bernilai guna dan dapat dijadikan produk andalan kuliner, Chef Ahmad Azhari mengawalinya membagi peserta menjadi 4 kelompok. Ahmad Azhari yang kerap disapa Bang Haji ini, menyebutkan dalam memasak ikan hindari penggunaan mesin atau penyedap yang berlebihan.
“Salah satu langkah yang baik sebagai pengganti mecin atau penyedap rasa adalah dengan mengganti benda tersebut dengan gula. Penggunaan mecin dapat membawa pengaruh pada kesehatan, secara perlahan. Untuk itu gunakanlah gula sebagai penggantinya. Walau masih tabu untuk ranah minang, Insya Allah nantinya juga bisa terbiasa dengan sendirinya,” pesan Bang Haji.
Langkah dan praktek masak ikan dilaksanakan dipinggir kolam renang bakinco resto yang dipandu langsung oleh Chief Ahmad Azhari.
Setelah melakukan praktek sekitar 1 jam, dihasilkan beberapa produk kuliner dari olahan daging ikan yang diblender, seperti pempek ikan gurami. Selain itu juga dihasilkan 3 jenis olahan berbahan baku ikan, yakni mie ikan, serundeng ikan dan kroket ikan. 
Kemudian, Kepada Kabid Perikanan, Chief Ahmad Azhari merekomendasikan hasil praktek ini sebagai hidangan yang cocok untuk jadi kuliner khas Payakumbuh. (ada)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *